Index Berita   Suara Pembaca   Galeri Foto   Galeri Video   Mobile Version   Iklan Baris Hari ini: Rabu, 1 Oktober 2014 19:10
Solusi Properti
Rabu, 4 April 2012 09:20

Harga Mobil Di Indonesia Berpotensi Naik Seiring Naiknya Harga Baja

ilustrasi (istimewa)

Jakarta, SolusiMobil.com - Harga jual mobil di Indonesia berpotensi naik seiring dengan naiknya biaya produksi akibat kenaikan harga baja dan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. 

"Tahun lalu harga baja naik 10 persen sampai dengan 15 persen. Namun pada waktu itu pasar otomotif bagus dan nilai tukar rupiah menguat, sehingga kenaikan biaya produksi bisa tertutupi," kata Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Sudirman Maman Rusdi, di Jakarta, Selasa.

Menurut Sudirman, selain faktor kenaikan harga baja, pemicu meningkatnya biaya produksi tahun ini adalah kenaikan harga bahan baku.

"Komposisi biaya produksi sebesar 60 persen untuk biaya bahan baku, terutama baja, dan tarif listrik sebesar 10 persen," ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan hingga saat ini belum ada pemberitahuan dari produsen baja terkait rencana kenaikan harga baja. Penentuan harga baja biasanya dilakukan pada kuartal II atau dilakukan per tiga bulan.

Adapun kebutuhan baja untuk mobil sebesar 60 persen untuk baja canai dingin (cold rolled coil), baja canai panas (hot rolled coil) sebesar 35 persen, dan pipa baja sebanyak 5 persen.

"Sejauh ini yang kita tahu dari produsen baja memang akan ada kenaikan harga, tapi besarannya berapa kami belum tahu. Harga jual baja diprediksikan mulai naik 10 persen sampai dengan 12 persen hingga Juni 2012 dibandingkan awal tahun seiring melonjaknya harga bijih besi sebagai bahan baku utama baja," tuturnya.

Sedangkan Direktur Marketing PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Mitsubishi, mengatakan kenaikan harga baja membuat produsen menaikkan harga produknya secara bertahap.

"Naiknya harga mobil disesuaikan dengan kondisi pasar. Awal tahun ini, sejumlah mobil Mitsubishi sudah mengalami kenaikan harga, seperti Mitsubishi Colt Diesel dan Mitsubishi Pajero Sport," katanya. [ANT/D2C]

Baca juga:
Solusi HP
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Berita Bang Sobil Lainnya close
Redaksi: redaksi@solusimobil.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 3000AC19
Kristian S di 0813-829-107-89 · kristian@mustangcorps.com · Blackberry: 298FA749
Griya Wisata

SoBil Currencies and Trader Corner

IHSG Jumat Pagi Dibuka Turun 0,01 Poin
Jakarta, SolusiMobil.com - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka melemah tipis sebesar 0,01 poin, Jumat.
Rupiah Jumat Pagi Melemah 10 Poin Terhadap Dolar AS
Jakarta, SolusiMobil.com - Kurs nilai tukar rupiah pada Jumat pagi bergerak melemah 10 poin dipicu negatifnya data neraca pembayaran Indonesia pada kuartal empat 2012.

Iklan Niaga

Kesempatan Anda Mendapatkan Tiket Promo, Segera Rencanakan Perjalanan Anda. Hub 0215747057
Diskon Hotel Domestik: Bali, Jogja, Surabaya, Lombok, Malang, Medan, Padang, Palembang... Resv : 0215747057
Berbagai Produk Ternama Dengan Harga Terbaik....
Sewa Mobil Terbaik, Jaminan Harga Terjangkau, Jaminan Unit, Mengutamakan Layanan Pelanggan, Hub: 0215747057

SOLUSI BANG SOBIL

Ducati Monster Ini di Sulap Jadi Monster Beneran
SolusiMobil.com - Modifikator asal Italia ini nampaknya kurang puas dengan tampilan monster standar Ducati Monster S4R lansiran tahun antara 2003 hingga 2008 ini. Lantas sang modifikator yang bernama Paolo Tesio mencoba merubah tampilannya menjadi lebih atraktif lagi.
Tips Cara 'Panasin' Motor Injeksi
SolusiMobil.com - Memanasi mesin sepeda motor sebelum melakukan perjalan sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang di Indonesia. Apalagi sepeda motor tersebut sudah didiamkan dalam waktu yang cukup lama atau lebih dari 5 jam. Namun untuk sepeda motor injeksi kebiasaan memanasi mesin ini hendaknya tidak menjadi agenda wajib bagi Anda para pemilik motor bermesin injeksi.