Mustang Komunika Integra
Kamis, 5 Januari 2012 16:53

Toyota Tunjukan Cara Daur Ulang Baterai Prius

SolusiMobil.Com - Toyota menepis kekhawatiran sebagian orang bahwa baterai mobil hybrid akan mengotori lingkungan. Karena faktanya semua bagian baterai bisa di daur ulang sehingga tidak menjadi polutan berbahaya.

Toyota Prius dan mobil hybrid Toyota lainnya menggunakan baterai Nickel-metal hydride yang bisa dipakai hingga 10 tahun dengan jarak tempuh antara 240.000km hingga 480.000km, tergantung bagaimana cara mengendarai mobilnya. Angka itu jauh diatas regulasi California Air Resources Board.

Lembaga yang terkenal ketat dalam merili regulasi lingkungan itu mematok angka 240.000km. “Itu bukan magic number buat kami,” kata Gary Smith, Toyota corporate manager of product quality and service support, Toyota Motor Sales U.S.A. yang dikutip Plastic news.

Saat ini sebagian kendaraan hybrid Toyota sudah mendekati angka itu, namun diperkirakan tidak lama lagi angkanya akan bertambah dengan cepat. Saat ini sekitar 500 unit baterai kadaluarsa setiap bulan. Kendaran hybrid Toyota menjadi sangat popular sejak Prius generasi kedua diluncurkan tahun 2003. Yang artinya saat ini jumlah Prius dengan jarak tempuh tinggi sudah cukup banyak. Saat ini lebih dari 1.3 juta unit Toyota Hybrid berseliweran di Amerika Serikat saja.

Ketika betray hybrid mulai kehilangan kemampuan menyimpan listrik, lampu pada instrument panel akan menyala dan tenaga yang dikirim ke roda mulai susut, tutur Smith. Untuk memudahkan proses daur ulang, disetiap baterai dicantumkan nomer telepon untuk mendapatkan informasi tentang lokasi dan proses daur ulang baterai.

Pemilik akan membawa mobilnya ke dealer. Pihak dealer akan melaporkan ke kantor pusat Toyota USA. Toyota kemudian mengirim container yang bisa dipakai berulang-ulang untuk mengirim baterai itu perusahaan rekanan di Anaheim, California yang spesialis daur ulang. Kontainer itu relatif ringan sehingga bisa dikirim menggunakan jasa pengiriman regular.

Selanjutnya baterai dibongkar, komponen-komponen berharga seperti nickel dan rare-earth elements diambil. Modul baterai kemudian di kuras arus listriknya. Nickel biasaya dikirim ke peleburan untuk di daur ulang menjadi bahan baku pembuatan stainless steel. Cangkang penutup baterai di di daur ulang. Plastik-plastiknya diparut lalu di daur ulang.

Biasanya saat baterai sudah menjelang akhir usia pakainya, pemilik mobil biasanya juga sudah siap untuk ganti mobil baru. Karena dealer bisa menawarkan mobil hybrid bekas dengan baterai baru. Ini akan membantu membangun pasar mobil bekas hybrid. Dengan kecenderungan semakin turunnya harga baterai untuk hybrid, hal ini bisa jadi bisnis yang menguntungkan untuk dealer. [toyota]

Baca juga:
Solusi HP
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Berita Bang Sobil Lainnya close
Redaksi: redaksi@solusimobil.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-573 6969 · Fax 021-579 02988
Henny di 0815-88-7272-7 · henny@mustangcorps.com · Blackberry: 58578B32
Griya Wisata

SOBIL CURRENCIES

Stiker Mobil pick up Ini Canggih, Polisi Sampai Tertipu!
SolusiMobil.com - Sebuah mobil pikap milik pelatih kebugaran di Inggris, James Hellewell, kini tengah menjadi sorotan publik, s
IHSG Jumat Pagi Dibuka Turun 0,01 Poin
Jakarta, SolusiMobil.com - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka melemah tipis sebesar 0,01 poin

GALERI VIDEO

Porsche 911 R Menaklukkan Jalanan Gunung Yang Berkelok
 SolusiMobil.com - Sering dikenal sebagai Porsche murni, model 911 R ini membuat debut besarnya di Jenewa awal b
Mobil Self-Driving Audi TTS Stanford Sukses di Lintasan Balap
 SolusiMobil.com - Membuat mobil balap self-driving mengelilingi lintasan balap tanpa seorangpun di dalamnya tam

GALERY FOTO

Why?

   C

Galeri Foto Honda RC213V-S 2016

SolusiMobil.com - Honda RC 213V-S, merupakan motor versi jalan raya yang memiliki teknologi

Dahsyatnya Kamera Video Untuk Mobil

Abadikan aksi terbaik Anda dengan B-Cam X-1 - Bcare Action Camera dengan mudah! Kali ini Bcare me

Subscribe Our Mailing List

SobilMart