Index Berita   Suara Pembaca   Galeri Foto   Galeri Video   Mobile Version   Iklan Baris Hari ini: Kamis, 28 Agustus 2014 14:22
Solusi Properti
Sabtu, 14 Januari 2012 13:18

Merawat Shockbreaker, Agar Ban Tidak Bergelombang

SolusiMobil.com - Beberapa faktor penyebab ban bergelombang di antaranya karena tekanan angin, stelan spooring yang tidak tepat atau pun kualitas ban yang buruk. Selain itu, ban yang bergelombang juga bisa disebabkan oleh penggunaan shockbreaker (shock absorber) yang kondisinya sudah kurang prima. Maka, rutinlah memeriksa shockbreaker agar saat berkendara terasa lebih nyaman dan keempat ban mobil Anda pun menjadi lebih terawat.

Secara fisik, kerusakan shockbreaker dapat diketahui dari terdengarnya bunyi-bunyi tak normal di sekitar shockbreaker, terutama ketika kita melewati jalan yang permukaannya tidak rata. Pemeriksaan dapat kita lakukan juga dengan melihat ada tidaknya kebocoran oli pada komponen ini. Bekas rembesan oli akan terlihat jika ada seal dalam shockbreaker yang robek sehingga oli mengalir keluar.
 
Di samping itu, kondisi shockbreaker dapat diperiksa dengan cara menekan-nekan body mobil dan memperhatikan pantulannya. Bila bodi memantul berulang-ulang, berarti sudah waktunya shockbreaker diganti. Agar lebih yakin, bawalah ke bengkel resmi karena pemeriksaan mereka lebih tepat dan akurat dengan cara mencopot shockbreaker dari body mobil.
 
Dari segi waktu, biasanya komponen penyerap getaran ini sudah mulai rusak pada tahun ke-tiga (sekitar 60.000 km). Bahkan, kerusakan  bisa lebih cepat lagi jika mobil Anda sering melintasi medan yang permukaan jalannya kurang bagus sehingga  komponen ini sering bekerja lebih berat.
 
Sebagai bentuk perawatan, kondisi shockbreaker juga bisa kita jaga. Misalnya dengan cara sedapat mungkin menghindari jalan yang berlubang. Kalaupun terpaksa harus melintasi medan yang kurang bagus, kurangilah laju kecepatan. Jika perlu, berjalan dengan sangat lambat agar shockbreaker tidak perlu bekerja terlalu keras meredam guncangan.
 
Beban kendaraan juga harus diperhatikan. Usahakan jangan membawa atau mengangkut muatan dengan beban yang tidak sesuai kapasitas mobil. Jika pabrikan mendesain mobil untuk 5 penumpang, jangan memaksa untuk membawa penumpang lebih banyak, apalagi dengan menambahi barang bawaan di kabin atau atap mobil.
 
Perawatan juga dapat dilakukan dengan secara rutin membersihkan shockbreaker dari kotoran yang menempel. Kotoran sanggup merusak seal-seal maupun piston. Rutinitas membersihkan komponen ini juga seharusnya lebih intensif jika mobil sering diajak melewati medan yang kotor dan becek. [ty]

Baca juga:
Solusi HP
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Berita Bang Sobil Lainnya close
Redaksi: redaksi@solusimobil.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 3000AC19
Kristian S di 0813-829-107-89 · kristian@mustangcorps.com · Blackberry: 298FA749
Griya Wisata

SoBil Currencies and Trader Corner

IHSG Jumat Pagi Dibuka Turun 0,01 Poin
Jakarta, SolusiMobil.com - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka melemah tipis sebesar 0,01 poin, Jumat.
Rupiah Jumat Pagi Melemah 10 Poin Terhadap Dolar AS
Jakarta, SolusiMobil.com - Kurs nilai tukar rupiah pada Jumat pagi bergerak melemah 10 poin dipicu negatifnya data neraca pembayaran Indonesia pada kuartal empat 2012.

Iklan Niaga

Tiket Promo Online Untuk Tujuan Domestik, Internasional, Seat Terbatas, Buruan Booking..... Resv: 0215747057
Rental Terbaik Jakarta, Kendaraan Terbaru Dan Merek Ternama, Sewa Harian, Mingguan, Bulanan Dan Tahunan. Hub: 0215747057
Wisata Terbaik Dan Murah, Nikmati Liburan Bersama Keluarga Idaman Anda, Dapatkan Info.. 021-5747057
Percayakan Brand Produk Anda Berkembang Bersama Media Kami, Dan Dapatkan Pengunjung Setia Kami Menjadi Klien Anda. Hub. 0215747057
Diskon Voucher Hotel, Domestik Dan Internasional Dan Dapatkan Berbagai Benefit Dari Reservasi Anda. Hub: 0215747057

SOLUSI BANG SOBIL

Menambah Performance Honda CR-Z Dengan Supercharger Kit
SolusiMobil.com - Jika anda menginginkan performa Honda CR-Z anda lebih kencang dari Honda CR-Z lainnya ini solusinya. Honda Performance Development (HPD) Perusahaan balap dari Honda ini memperkenalkan supercharger kit. 
Cara Mudah Mengenali kopling rusak
SolusiMobil.com - Kopling menjadi elemen yang sangat vital, terutama untuk mobil manual. Fungsinya untuk membantu perpindahan gigi perseneling, tentu sangat butuh perhatian yang baik. Seperti apakah kopling ini akan bereaksi jika sudah mengalami kerusakan?