Index Berita   Suara Pembaca   Galeri Foto   Galeri Video   Mobile Version   Iklan Baris Hari ini: Sabtu, 1 November 2014 07:57
Solusi Properti
Jumat, 24 Februari 2012 14:00

Bengkel Spesialis Bodi Repair Dan Bengkel Ketok Magic-Halus

bengkel reparasi

SolusiMobil.com - Saat ini terdapat 2 pilihan dalam perbaikan mobil, yaitu "BENGKEL BODY REPAIR" dan "BENGKEL KETOK MAGIC/HALUS". Masing-masing bengkel memiliki metode perbaikan yang berbeda, seperti bengkel ketok magic menggunakan metode "Ketok Halus" dan bengkel body repair menggunakan metode "Ketok Las" dalam memperbaiki body atau chassis mobil yang rusak. 

Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan, namun pada prinsipnya kedua metode tersebut bertujuan sama yaitu memperbaiki body - chassis agar dapat di rekondisi seperti sebelumnya.

Pada setiap proses perbaikan body maupun chassis, hasil akhir sangat tergantung kepada pengalaman/keahlian pekerja dan metode perbaikan yang diterapkan.

Tidak semua bengkel dapat menerapkan metode ketok las dan ketok halus secara bersamaan, karena terdapat keterbatasan tenaga ahli ketok halus saat ini. Pada umumnya bengkel menerapkan hanya satu metode saja yaitu ketok las untuk melakukan perbaikan-perbaikan pada body dan chassis.

Menggabungkan kemampuan metode ketok halus dan tehnik ketok las adalah improvisasi dari Bengkel  dalam memaksimalkan proses perbaikan pada setiap mobil pelanggan.

Kami yakin, keberadaan dua metode tersebut akan saling mendukung satu sama lainnya pada setiap proses perbaikan body maupun chassis kendaraan.

Contoh Pengerjaan Chassis Repair:
Dalam memperbaiki chassis kendaraan yang bengkok; perbaikan dengan metode ketok halus (Pressing) sangat tepat untuk menjaga dan mempertahankan kekuatan chassis tersebut. Sebaliknya bila bagian chassis patah, terlipat, atau putus maka metode ketok las diperlukan untuk memperbaiki chassis tersebut.

Contoh Pengerjaan Body Repair:
Body kendaraan penyok dan plat body tidak memuai/terlipat, maka metode ketok halus sangat tepat dilakukan untuk memperbaiki body tersebut tanpa merusak permukaan plat/cat (keorisilan tetap terjaga). Sebaliknya bila kondisi plat body memuai/terlipat maka untuk memperbaiki body kendaraan tersebut diperlukan metode ketok las dan kemudian dirapikan dengan metode ketok halus.

Dalam menangani perbaikan mobil tabrakan, banyak hal yang perlu dicermati dalam proses perbaikan agar hasil yang diperoleh maksimal. Kurangnya pengetahuan dan pengalaman dalam memperbaiki mobil tabrakan sering menyebabkan hasil perbaikan kurang maksimal, seperti:

1. Chassis & body tidak presisi (miring).
2. Kaki-2 maupun roda depan-belakang tidak simetris.
3. Stir mobil selalu lari kekiri-kekanan dan laju kendaraan tidak bisa stabil (tidak bisa di spooring).
4. Jarak body kanan-kiri & depan-belakang dengan permukaan tanah tidak sama.
5. Pendempulan body tebal pada bagian body yang rusak (keterbatasan pada kemampuan ketok halus).

[D2C]

 

Baca juga:
Solusi HP
Rating artikel: icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full (2 rates)
Berita Bang Sobil Lainnya close
Redaksi: redaksi@solusimobil.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 3000AC19
Kristian S di 0813-829-107-89 · kristian@mustangcorps.com · Blackberry: 298FA749
Griya Wisata

SoBil Currencies and Trader Corner

IHSG Jumat Pagi Dibuka Turun 0,01 Poin
Jakarta, SolusiMobil.com - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka melemah tipis sebesar 0,01 poin, Jumat.
Rupiah Jumat Pagi Melemah 10 Poin Terhadap Dolar AS
Jakarta, SolusiMobil.com - Kurs nilai tukar rupiah pada Jumat pagi bergerak melemah 10 poin dipicu negatifnya data neraca pembayaran Indonesia pada kuartal empat 2012.

Iklan Niaga

Mengunjungi Kota-kota Faporit Dan Idaman Keluarga Anda. Berangkat 23 Nov 2014 By Etihad Airways......

SOLUSI BANG SOBIL

Kawasaki Z1100ST 1982 Street Tracker Jadi Lebih 'Galak'
SolusiMobil.com - Bukan hanya aliran modifikasi Cafe racer saja yang terkenal di jagad otomotif namun juga ada gaya Street tracker yang banyak digandrungi. Salah satunya tampak pada tampilan moge klasik lansiran Kawasaki ini.  
Tips Membedakan Busi Asli Atau Palsu
SolusiMobil.com - Busi merupakan elemen penting pada kendaraan yang berbahan bakar bensin. Komponen yang juga dijuluki bunga api listrik ini punya fungsi utama untuk membakar campuran bensin dan udara guna mendorong piston.