Index Berita   Suara Pembaca   Galeri Foto   Galeri Video   Mobile Version   Iklan Baris Hari ini: Rabu, 1 Oktober 2014 19:10
Solusi Properti
Jumat, 13 Juli 2012 15:34

SolusiMobil.com Kasih Solusi Cara Atasi Mobil Mogok

Ilustrasi (Istimewa)

SolusiMobil.com - Pernahkah Anda mengalami mesin mobil Anda mogok dan sulit distarter? Kadang memang sulit bagi kita untuk bagaimana cara memperbaikinya agar bisa kembali normal. Kadang kita tanpa pikir panjang, langsung panggil mobil derek dan langsung dibawa kebengkel. 

Nah, untuk dapat mengurangi biaya mobil derek dan bengkel yang akan membetulkan mobil Anda, alangkah baiknya kalau kita belajar sama-sama untuk memperbaiki mobil yang mogok tersebut.

Seperti biasanya, SolusiMobil.com akan memberikan solusinya kalau mobil Anda mogok di jalan dan sulit untuk distarter. Menurut pengalaman pribadi dan pembelajaran saya ada beberapa komponen yang harus Anda periksa jika terjadi hal semacam itu. Berikut komponen yang harus Anda cek jika terjadi kemogokan pada mobil Anda.

1. Cek Kondisi Aki/Accu
Jika aki mati maka dynamo stater tidak bisa bekerja sehingga mobil tidak mau menyala. Cara mudah mengetahuinya, lakukan kontak /acc nyalakan semua lampu dan coba bunyikan klakson, apabila lampu redup dan klakson terdengar lemah atau bahkan kedua komponen tersebut tidak bekerja, maka aki / accu Anda sudah lemah, atau sudah mati.

Dan cara menanggulanginya yaitu gunakan kabel “jumper” sebagai alat “P3K” dengan cara menyambungkan aki mobil Anda dengan aki pada mobil lain. Tunggu 2-5 menit dan coba untuk menghidupkan kembali mesin Anda. Jika aki/accu ternyata sudah “basi” maka Anda harus menggantinya, dan apabila aki /accu Anda tergolong baru (1-6 bulan) maka hal yang perlu Anda periksa berikutnya adalah Altenator.

2. Cek Sekring
Buka kotak sekring dalam bak mesin Anda, lalu periksa adakah sekring yang putus. Biasanya bila mobil mogok, sekring yang putus pasti berkaitan dengan sistim bahan bakar atau sistim pengapian.

Jika masalah muncul dari sekring yang putus, Anda hanya perlu menggantinya dengan yang baru dan seharusnya masalah Anda sudah terselesaikan. Pastikan sekring pengganti memiliki ukuran hambatan (ohm/Ω) yang sama dengan yang sebelumnya dan selalu sediakan sekring cadangan saat bepergian hanya untuk berjaga-jaga.

3. Cek Pompa Bensin
Setelah melakukan pengecekan aki/accu dan sekring, cara lainnya adalah melakukan pengecekan pompa bensin dengan melakukan kontak /acc. Pertanda kalau pompa bensin masih bekerja dengan baik adalah apabila saat Anda melakukan kontak/acc, terdengar bunyi mendengung.

Jika tidak kemungkinan besar permasalahan muncul dari pompa bensin. Tidak seperti menyediakan kabel “jumper” atau sekring cadangan, pompa bensin relatif mahal dan tidak bisa diprediksi kapan pompa bensin Anda akan rusak.

Cara pencegahannya periksalah kondisi pompa bensin Anda apabila bunyi mendengung lebih kencang dari biasanya. Bila tanda pompa bensin menyala dan sistim kelistrikan bekerja secara normal maka sangat mungkin masalah disebabkan oleh selang bensin yang bocor.

Semoga solusi ini dapat membantu Anda untuk menghadapi kesulitan semacam ini. Semoga bermanfaat solusi kami kali ini. [Dedi]

Baca juga:
Solusi HP
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Berita Bang Sobil Lainnya close
Redaksi: redaksi@solusimobil.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 3000AC19
Kristian S di 0813-829-107-89 · kristian@mustangcorps.com · Blackberry: 298FA749
Griya Wisata

SoBil Currencies and Trader Corner

IHSG Jumat Pagi Dibuka Turun 0,01 Poin
Jakarta, SolusiMobil.com - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka melemah tipis sebesar 0,01 poin, Jumat.
Rupiah Jumat Pagi Melemah 10 Poin Terhadap Dolar AS
Jakarta, SolusiMobil.com - Kurs nilai tukar rupiah pada Jumat pagi bergerak melemah 10 poin dipicu negatifnya data neraca pembayaran Indonesia pada kuartal empat 2012.

Iklan Niaga

Diskon Hotel Domestik: Bali, Jogja, Surabaya, Lombok, Malang, Medan, Padang, Palembang... Resv : 0215747057
Berbagai Produk Ternama Dengan Harga Terbaik....
Kesempatan Anda Mendapatkan Tiket Promo, Segera Rencanakan Perjalanan Anda. Hub 0215747057
Sewa Mobil Terbaik, Jaminan Harga Terjangkau, Jaminan Unit, Mengutamakan Layanan Pelanggan, Hub: 0215747057

SOLUSI BANG SOBIL

Ducati Monster Ini di Sulap Jadi Monster Beneran
SolusiMobil.com - Modifikator asal Italia ini nampaknya kurang puas dengan tampilan monster standar Ducati Monster S4R lansiran tahun antara 2003 hingga 2008 ini. Lantas sang modifikator yang bernama Paolo Tesio mencoba merubah tampilannya menjadi lebih atraktif lagi.
Tips Cara 'Panasin' Motor Injeksi
SolusiMobil.com - Memanasi mesin sepeda motor sebelum melakukan perjalan sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang di Indonesia. Apalagi sepeda motor tersebut sudah didiamkan dalam waktu yang cukup lama atau lebih dari 5 jam. Namun untuk sepeda motor injeksi kebiasaan memanasi mesin ini hendaknya tidak menjadi agenda wajib bagi Anda para pemilik motor bermesin injeksi.