Index Berita   Suara Pembaca   Galeri Foto   Galeri Video   Mobile Version   Iklan Baris Hari ini: Selasa, 21 Oktober 2014 09:08
Solusi Properti
Jumat, 28 September 2012 12:00

Rawat Mesin Mobil Anda Agar Tetap Fit Dalam Kondisi Prima

SolusiMobil.com - Mesin merupakan suatu jantung atau nyawa dari kendaraan (mobil/motor) yang kita kendarai sehari-hari. Maka dari itu perlua adanya perawatan secara rutin agar mesin kendaraan kesayangan kita selalu sehat dan fit dalam kondisi prima.

Sama halnya dengan tubuh manusia, dimana untuk mendapatkan badan yang segar dan bugar maka kita perlu latihan atau perbanyak olah raga serta mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Untuk menambah wawasan Anda, kami akan mencoba uraikan bagaimana cara merawat mesin mobil agar tetap dalam kondisi prima. Berikut uraiannya, cekidot!!

1. Perhatikan Penggantian Oli Mobil Pribadi Anda

Oli merupakan sesuatu yang vital bagi mesin mobil. Oli berperan untuk mengurangi gesekan-gesekan internal di dalam mesin pada saat mesin di nyalakan. Tanpa adanya oli, gesekan-gesekan ini akan membuat komponen mesin tertentu menjadi lebih cepat rusak atau aus. Oleh karena itu, penggantian oli mesin mobil harus dilakukan secara rutin berdasarkan jarak yang di tempuh kendaraan.

2. Perhatikan Ketinggian Oli Mobil Pribadi

Ketinggian oli juga perlu diperiksa secara rutin. Hal ini karena ketika mesin dijalankan, panas yang terjadi pada mesin mungkin saja membuat jumlah oli di dalam mesin menjadi berkurang, sehingga tidak sesuai dengan kebutuhan mesin tersebut.

3. Periksa Keadaan Radiator Mobil Pribadi

Radiator pada mesin mobil berperan untuk menjaga suhu mesin agar tetap “dingin”. Artinya, radiator merupakan komponen yang berfungsi untuk menjaga mesin agar tidak cepat panas (over heating) saat Anda berkendara. Dengan secara rutin memeriksa radiator yang meliputi pemeriksaan kebocoran, pengurasan, dan penggantian air, maka performa radiator akan tetap terjaga fungsinya, sehingga fungsinya sebagai pending tetap terjaga. umumnya penggantian atau pengurasan air radiator dilakukan setiap jarak yang di tempuh mobil Anda sekitar 10.000 km.

4. Pastikan Tangki Bensin Mobil Pribadi Tidak Berkarat

sulit untuk memastikan tangki bensin kendaraan Anda tidak berkarat. Akan tetapi, untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya Anda selalu memperhatikan volume bensin pada tangki minyak mobil Anda. Tangki dengan bensin yang penuh akan mengurangi proses perkaratan dan sebaliknya. Oleh karena itu, sebaiknya jangan biarkan tangki bensin kendaraan Anda dalam keadaan kosong (low) terlalu lama karena bagian yang tidak terkena bensin akan lebih mudah berkarat dibanding bagian yang terkena bensin.

5. Periksa Timing Belt pada Mobil Pribadi Anda

Timing belt adalah sabuk yang berfungsi untuk meneruskan putaran roda-roda gigi yang terhubung ke bagian internal mesin. Timing belt yang telah rusak atau kondisinya tidak baik ditandai dengan adanya suara-suara dengung yang bising saat mesin mulai dijalankan. Kerusakan pada timing belt yang dibiarkan berlarut dapat berakibat timing belt tersebut menjadi putus dan putusnya timing belt secara tiba-tiba akan membuat komponen-komponen tertentu pada mesin menjadi rusak. Selain dari itu, suplay listrik pada akumulator tidak maksimal seperti biasanya.

6. Lakukan Tune Up Secara Rutin pada mobil Anda

Tune up rutin ke bengkel-bengkel dapat membuat mesin tetap awet. Hal ini karenakan pada proses tune up, keadaan komponen-komponen vital yang berhubungan dengan mesin kendaraan anda, seperti busi, filter bahan bakar, maupun oli akan terperiksa lebuh maksimal dan kendaraan pun menjadi lebih awet.

7. Sesekali Lakukan Penarikan Gas dengan Kuat

Penarikan gas dengan kuat saat kendaraan melaju dapat membuat kerak yang menempel pada ruang pembakaran semakin berkurang, tetapi lakukan hal ini sesekali saja jangan terlalu sering.

Nah, gak susah-susah banget kan cara merawatnya. Ikuti petunjuknya saja ya, dan semoga bermanfaat. [Dedi]

Baca juga:
Solusi HP
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Berita Bang Sobil Lainnya close
Redaksi: redaksi@solusimobil.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 3000AC19
Kristian S di 0813-829-107-89 · kristian@mustangcorps.com · Blackberry: 298FA749
Griya Wisata

SoBil Currencies and Trader Corner

IHSG Jumat Pagi Dibuka Turun 0,01 Poin
Jakarta, SolusiMobil.com - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka melemah tipis sebesar 0,01 poin, Jumat.
Rupiah Jumat Pagi Melemah 10 Poin Terhadap Dolar AS
Jakarta, SolusiMobil.com - Kurs nilai tukar rupiah pada Jumat pagi bergerak melemah 10 poin dipicu negatifnya data neraca pembayaran Indonesia pada kuartal empat 2012.

Iklan Niaga

Sewa Mobil Terbaik, Jaminan Harga Terjangkau, Jaminan Unit, Mengutamakan Layanan Pelanggan, Hub: 0215747057
Grand Theater Nasional, Tiananmen Square, The Forbidden City, China Imperial Palace, The Juyongguan Great Wall, Madian Mosque, Niujie Mosque
Diskon Hotel Domestik: Bali, Jogja, Surabaya, Lombok, Malang, Medan, Padang, Palembang... Resv : 0215747057
Kesempatan Anda Mendapatkan Tiket Promo, Segera Rencanakan Perjalanan Anda. Hub 0215747057
Berbagai Produk Ternama Dengan Harga Terbaik....

SOLUSI BANG SOBIL

Nissan March Spesial Edisi Micra Cup 2015
SolusiMobil.com - Model racing terbaru dari Nissan March atau yang juga disebut Nissan Micra telah resmi dirilis belum lama ini. Terlahir dari kolaborasi sempurna antara Nissan Kanada bersama JD Motorsport Organization, varian balap berjudul the Nissan Micra Cup 2015 dihadirkan bagi para penikmat kecepatan.  
Cara Mengetahui Mobil Bekas Kecelakaan
SolusiMobil.com - Membeli mobil bekas memang harus sangat hati-hati. Kalau salah dalam memilih akan sangat merugikan jika tidak bisa mengetahui perubahan mobil akibat bekas kecelakaan. Untuk mengetahuinya, bisa dikenali lewat test drive.