Index Berita   Suara Pembaca   Galeri Foto   Galeri Video   Mobile Version   Iklan Baris Hari ini: Selasa, 16 September 2014 07:50
Solusi Properti
Minggu, 1 April 2012 12:00

Nih, Penyebab Dan Solusinya Mesin Overheat

ilustrasi

Jakarta, SolusiMobil.com - Apabila sistem pendingin mesin jarang diperhatikan, dan air radiator pun telah dilupakan, maka tak heran kalau suhu mesin akan meninggi (overheat). 

Apabila anda ingin mengetahui apa penyebab dan bagaimana cara menanggulangi overheat tersebut, perhatikan keterangan berikut.

- Karat akibat kadar air bereaksi dengan blok mesin akan menyebabkan radiator tersebut mampet. Kotoran tersebut biasanya menyempil di kisi-kisi radiator yang akhirnya mengakibatkan sirkulasi air menjadi tidak sempurna. Cara mengatasinya yaitu servis radiator tersebut atau mengganti kisi-kisi tersebut jika memang sudah parah.

- Apabila volume air berkurang cukup banyak, berarti menandakan adanya kebocoran. Kebocorannya bisa terjadi dari tutup radiator karena adanya bekas karat disekitarnya yang mengering. Solusinya, ganti dengan segera mungkin tutup radiator tersebut, atau bisa langsung bawa kebengkel resmi atau langganan anda.

- Dari sekian banyak faktor yang disebutkan, motor kipas yang melemah ternyata juga salah satu penyebabnya, motor kipas yang sudah tidak berfungsi dengan baik akan mengakibatkan putaran kipas tersebut kurang kencang. Cara mengatasinya, bisa segera diganti motor kipas tersebut.

- Untuk yang terakhir ini bisa berasal dari BBM. Karena pasalnya penggunaan BBM yang lebih rendah dapat menyebabkan mobil knocking (ngelitik). Untuk itu disarankan Rasio kompresi dan setingan waktu pengapian untuk mobil, khususnya bagi yang masih menggunakan distributor agar dapat menyesuaikan penggunaan BBMnya.

Apabila hal tersebut terjadi di jalan, segera saja pinggirkan mobil anda dan pasang segitiga aman. Setelah itu diamkan selama lima menit agar suhu mesin turun, atau bisa juga menyiram radiatornya dengan air secukupnya. Selanjutnya, jangan lupa untuk mengecek kondisi airnya. tapi harus ingat, pada saat membuka  tutup radiatornya gunakan kain tebal dan putar mesin dengan perlahan. Jika ada tekanan air, tutup radiator ditekan sambil diputar perlahan. Jika sudah terbuka dan ternyata volume air masih penuh, tutup kembali radiator dan jika temperatur sudah normal, bawa mobil ke bengkel terdekat. [D2C]

Baca juga:
Solusi HP
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Berita Bang Sobil Lainnya close
Redaksi: redaksi@solusimobil.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 3000AC19
Kristian S di 0813-829-107-89 · kristian@mustangcorps.com · Blackberry: 298FA749
Griya Wisata

SoBil Currencies and Trader Corner

IHSG Jumat Pagi Dibuka Turun 0,01 Poin
Jakarta, SolusiMobil.com - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka melemah tipis sebesar 0,01 poin, Jumat.
Rupiah Jumat Pagi Melemah 10 Poin Terhadap Dolar AS
Jakarta, SolusiMobil.com - Kurs nilai tukar rupiah pada Jumat pagi bergerak melemah 10 poin dipicu negatifnya data neraca pembayaran Indonesia pada kuartal empat 2012.

Iklan Niaga

Percayakan Brand Produk Anda Berkembang Bersama Media Kami, Dan Dapatkan Pengunjung Setia Kami Menjadi Klien Anda. Hub. 0215736969
Tantangan Untuk Anda, Meraih Kesempatan Lebih Baik Syarat: Kerja Keras, Motivasi Tinggi, Berani Membuat Keputusan, Tanggung Jawab.
Sewa Mobil Kenderaan Terbaru, Jaminan Unit, Harga Terjangkau Dan Mengutamakan Pelayanan. Hub: 021-5747057
Nikmati Kesempatan Liburan Bersama Keluarga Idaman Anda, Paket Promo Asia. Hub: 0215747057
Pusat Tiket Pesawat, Melayani Corporate, Rombongan Dan Individu. Promo Seat Terbatas. Hub: 0215747057

SOLUSI BANG SOBIL

Menambah Performance Honda CR-Z Dengan Supercharger Kit
SolusiMobil.com - Jika anda menginginkan performa Honda CR-Z anda lebih kencang dari Honda CR-Z lainnya ini solusinya. Honda Performance Development (HPD) Perusahaan balap dari Honda ini memperkenalkan supercharger kit. 
Tips Untuk Mengendarai Mobil Matic yang Aman
SolusiMobil.com - Mobil sudah menjadi kebutuhan bagi beberapa kalangan. Namun terkadang, para pengendara yang terbiasa menggunakan mobil bertransmisi manual kagok ketika menggunakan mobil bertransmisi otomatis. Insiden banyak terjadi karena hal ini. Nah, polisi pun memiliki tips untuk pengendara mobil pemula.