Mustang Komunika Integra
Senin, 9 Januari 2012 10:28

Memahami Ganjaran Tanpa Klaim Perusahaan Asuransi

SolusiMobil.com - Pada berbagai media massa belakangan ini sering muncul iklan yang gencar dilakukan Asuransi Sinar Mas Bonus (No Claim Bonus). “Tanpa klaim, uang kembali” menjadi tagline untuk memikat calon nasabah membuka polis asuransi.

Bukan tanpa maksud tagline ini mengemuka ke publik. Maklum, anggapan sebagian masyarakat kalau berasuransi dalam periode tertentu tanpa klaim, justru nasabah tidak mendapat reward dari penyelenggara asuransi.

Singkatnya, nasabah tanpa klaim tidak mendapat “perghargaan” dari upaya itu. Inilah yang tengah diluruskan dengan cara menggelontorkan produk ini.

Terlebih, peluang reward atau potongan harga premi di periode berikutnya dimungkinkan dalam proses asuransi kendaraan. Nah, Simas Bonus salah satu produk yang mengadopsi hal itu.

Lalu bagaimana mekanismenya? Untuk membedah hal ini, perlu diketahui perihal asuransi ini, utamanya maksud No Claim Bonus. Terobosan Simas, menjadi bahasa marketing yang jitu untuk menjaring nasabah.

“Kami membagi periode tertentu, untuk reward polis. Tahun pertama, 25%; tahun ketiga 50%; tahun kelima 75% dan tahun kedelapan 100%. Kami memberi klausul ke nasabah saat pertama bertransaksi,” papar Aulia Putri, Supervisor Telemarketing PT Asuransi Sinar Mas.

Yang perlu dipahami, reward 100% bisa dipenuhi bila Anda bisa mencapai periode pertanggungan hingga 8 tahun tanpa klaim sama sekali. Sekali lagi, dalam satu periode saja alias satu tahun pertanggunggan reward atau bonus 100% bisa dinikmati.

Toh, produk Simas Mobil Bonus menjadi inovasi segar asuransi kendaraan bermotor di Tanah Air. Selain dikemas menarik, mau tidak mau, nasabah diharapkan bisa diinformasikan sekaligus edukasi perihal No Claim Bonus.

Otomatis
Sejatinya, istilah No Claim Bonus lazim dalam asuransi. Tidak terkecuali asuransi kendaraan. Istilah tersebut mengacu apabila nasabah tidak melakukan klaim sepanjang periode tertentu. Umumnya, penyelenggara bakal memberikan insentif beragam.

Nasabah yang tidak pernah klaim ini tetap mendapat ganjaran. Biasanya, penyelenggara bakal memberikan insentif sesuai dengan kebijakan.

Apalagi, ruang reward atau potongan harga juga diatur oleh peraturan pemerintah. Dalam hal ini Peraturan Menteri Keuangan No. 74 tahun 2007. Besarnya, potongan harga dibatasi maksimal hingga 25%.

“Anda bisa menanyakan perihal No Claim Bonus ke penyelenggara asuransi. Apa dan bagaimana mekanismenya,” jelas Laurentius Iwan Pranoto, Marketing Communication & Public Relations Head PT Asuransi Astra Buana (Garda Oto).

Pada sejumlah penyelenggara asuransi, biasanya diinformasikan ke nasabah. Umumnya, pada saat hendak perpanjangan polis periode selanjutnya.

Potongan harga serta kemudahan lainnya bakal tertera dalam renewal notice tersebut. Malah beberapa asuransi telah menerapkan proses ini secara otomatis. Artinya, kalaupun Anda lupa berapa dana yang dibayar plus diskon, komputer secara otomatis merekamnya.

Selain itu, beberapa benefit juga ditawarkan No Claim Bonus berupa pemberian sertifikat terhadap mobil. Salah satunya yang diambil oleh Adira Insurance (Autocillin) dengan menerbitkan sertifikasi pada mobil di samping adanya potongan rated yang kompetitif.

“Sertifikasi ini, harga jual unit tersebut diharapkan bisa terangkat. Hal ini lazim pada penyelenggara asuransi di luar negeri,” papar Indra Baruna, Managing Director PT Asuransi Adira Dinamika.

Asuransi Syariah Lebih Menguntungkan Lagi
Satu lagi, kelebihan asuransi syariah berkaitan dengan No Claim Bonus. Dasar bagi hasil (mudharabah) menjadi daya tarik dalam hal ini.

Poin bagi hasil justru bakal lebih efektif saat tidak terjadi klaim dalam periode tertentu bagi nasabah. Biasanya, pihak pengelola asuransi bakal memaparkan di awal akad transaksi berapa besaran yang bakal diterima nasabah bila no-claim.

Besarnya tergantung hasil pengembangan dana tersebut selama periode tertentu. Bisa 10% hingga 40%, misalnya. Bahkan Asuransi Takaful memberikan diskon khusus apabila tak terjadi klaim di luar bagi hasil tadi.

Selain bagi hasil yang diterima, masih ada yang diterima yakni nisbah. Nisbah ini berarti persentase keuntungan (surplus underwriting) antara pengelola dengan nasabah. Perbandingan 60:40 atau 65:35 tergantung perjanjian di muka. [ab]

Baca juga:
Solusi HP
Rating artikel: icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full (1 rates)
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Berita Bang Sobil Lainnya close
Redaksi: redaksi@solusimobil.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-573 6969 · Fax 021-579 02988
Henny di 0815-88-7272-7 · henny@mustangcorps.com · Blackberry: 58578B32
Griya Wisata

SOBIL CURRENCIES

Stiker Mobil pick up Ini Canggih, Polisi Sampai Tertipu!
SolusiMobil.com - Sebuah mobil pikap milik pelatih kebugaran di Inggris, James Hellewell, kini tengah menjadi sorotan publik, s
IHSG Jumat Pagi Dibuka Turun 0,01 Poin
Jakarta, SolusiMobil.com - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka melemah tipis sebesar 0,01 poin

GALERI VIDEO

Porsche 911 R Menaklukkan Jalanan Gunung Yang Berkelok
 SolusiMobil.com - Sering dikenal sebagai Porsche murni, model 911 R ini membuat debut besarnya di Jenewa awal b
Mobil Self-Driving Audi TTS Stanford Sukses di Lintasan Balap
 SolusiMobil.com - Membuat mobil balap self-driving mengelilingi lintasan balap tanpa seorangpun di dalamnya tam

GALERY FOTO

Why?

   C

Galeri Foto Honda RC213V-S 2016

SolusiMobil.com - Honda RC 213V-S, merupakan motor versi jalan raya yang memiliki teknologi

Dahsyatnya Kamera Video Untuk Mobil

Abadikan aksi terbaik Anda dengan B-Cam X-1 - Bcare Action Camera dengan mudah! Kali ini Bcare me

Subscribe Our Mailing List

SobilMart