Index Berita   Suara Pembaca   Galeri Foto   Galeri Video   Mobile Version   Iklan Baris Hari ini: Senin, 21 April 2014 09:43
Solusi Properti
Kamis, 1 Maret 2012 14:00

Kelebihan Dan Kelemahan Mesin Diesel Dan Mesin Bensin

Mesin Diesel Dan Mesin Bensin

SolusiMobil.com - Jika membuat keputusan untuk memilih mobil baru maupun bekas berbahan bakar solar atau bensin, adalah hal yang menyulitkan Anda. Tenang usah khawatir, mungkin petunjuk berikut bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda. Terpenting sebelum membeli, ada baiknya tentukan prioritas kebutuhan serta keinginan. Karena masing-masing jenis mesin kendaraan memiliki kelebihan dan kelemahan.

Tetapi hal sebaliknya, kalau ingin mendapatkan kenyamanan, gaya, serta akselerasi yang cepat pilihannya adalah kendaraan bermesin bensin. Kompensasinya, biaya operasional beli bensin lazimnya lebih besar dari mesin diesel.

Mesin diesel

Kelebihan :

1. Untuk jarak tempuh yang jauh hanya membutuhkan sedikit konsumsi bahan bakar sehingga lebih efisien.
2. Secara umum mesin diesel memberikan torsi bawah lebih besar dan berguna untuk pengendaraan di jalan off road. Bahkan kebutuhan torsi menjadi penting ketika kita akan menarik kendaraan yang rusak atau misalnya menarik kendaraan yang terjebak di jalur non aspal.
3. Sama seperti bensin, untuk bahan bakar solar juga mudah diperoleh dengan mudah baik di Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) dalam kota maupun luar kota.
4. Dan pertimbangan lain bahwa sifat bahan bakar diesel tidak terlalu berbahaya karena tidak mudah terbakar jika tersulut percikan api.
5. Berkendara dibawah siraman hujan lebat atau melintas di kondisi jalan banjir tidak perlu takut karena ruang mesin diesel tidak ada komponen elektrikal seperti distributor atau kabel busi.
6. Bila rasio mesin bensin dibatasi oleh tekanan dari bensin dan udara. Pada mesin diesel tidak dibatasi karena yang di kompres hanyalah udara. Semakin    tinggi kompresi mesin diesel maka tenaganya kian bertambah dan sistem kerja mesin semakin efisien.
7. Mesin diesel memang terkenal bandel. Bila dirawat dengan benar daya tahannya lebih lama daripada mesin bensin. Ini juga menjadi salah satu faktor penentu mengapa mesin diesel umumnya digunakan pada armada transportasi seperti truk atau kontainer besar.

Kelemahan :

1. Satu kelemahan pasti yang dimiliki mesin diesel yaitu suara mesin yang lebih berisik dibanding mesin bensin.
2. Injektor pada mesin diesel jika tercampur dengan air atau jenis partikel lainnya akan mudah bermasalah. Karena delivery valve di bagian injection pump kalau terkena air menyebabkan komponennya jadi tersumbat (mengendap alias berkarat). Dan, untuk biaya perbaikannya maupun suku cadangnya relatif mahal.
3. Untuk akselerasi mesinnya memiliki respon lebih lambat dibandingkan mesin bensin. Namun demikian kini pihak pabrikan sudah ada yang mengaplikasi turbocharger atau supercharger untuk memperoleh tenaga spontan.
4. Beban pajak kendaraan bermotor mesin diesel lebih tinggi dibandingkan dengan kendaraan mesin bensin karena kebanyakan cc mesinnya lebih besar. Rata-rata berkapasitas 2.000 cc keatas.
5. Tingkat pencemaran udara yang keluar dari sisa pembakaran lebih tinggi.
6. Harga mobil kondisi baru biasanya lebih mahal dibanding mesin bensin untuk tipe yang sama. Misal Toyota Kijang Innova diesel New V A/T Diesel dijual Rp. 302.250.000,- sedangkan tipe sama yang bermesin bensin dijual Rp Rp. 287.250.000,-.
 

Mesin bensin

Kelebihan :

1. Untuk akselerasi mesin jauh lebih responsif, sehingga untuk mendahului kendaraan lain dapat mudah dicapai.
2. Suara yang dihasilkan saat mesin mulai start hingga berakselerasi terdengar lebih halus.
3. Tingkat polusi alias pencemaran udara lebih rendah.
4. Spesifikasi teknis mesin mudah dipahami. Artinya, jika mesin atau bagian komponen mesin yang rusak dapat diketahui gejalanya. Lalu, dari sisi perawatan berkala jauh lebih mudah dan murah.
5. Pilihan mobil berbahan bakar bensin relatif banyak.

Kelemahan :

1. Untuk beberapa tipe mobil tertentu misal produk Eropa atau beberapa merek Jepang, mengharuskan penggunaan bahan bakar beroktan tinggi diatas 91. Sebab, jika memakai dibawah 91 akan mengalami gejala knocking (mengetuk) dari mesin yang berdampak pada performa mesin yang menurun.
2. Biasanya torsi maksimal mampu diperoleh pada tingkat putaran mesin tinggi
3. Sifat bahan bakar bensin lebih mudah terbakar, dan ini menjadi berbahaya jika terdapat kebocoran pada selang bensin, tangki bahan bakar atau karburator.
4. Memiliki spesifikasi komponen yang cukup rumit. Misalnya dengan mengadopsi teknologi VTEC (sistem pengaturan katup) seperti yang terdapat di Honda. Selain itu beberapa komponen juga butuh perawatan, misalnya busi yang harus diganti tiap usia pemakaian tertentu.
5. Mesin bensin lebih rentan terhadap air atau banjir karena banyaknya komponen kelistrikan seperti platina, distributor, busi atau pada kendaran tipe Engine Control Unit (ECU) juga rentan terhadap siraman air.
6. Karena faktor yang kelima tersebut, sehingga mesin bensin dianggap kurang memiliki ketahanan terhadap water hammer ketimbang mesin diesel.
7. Di bursa mobil bekas tanah air biasanya harga jual kembali (resale value) lebih terjangkau daripada mobil bermesin diesel.

[D2C]
 

Baca juga:
Solusi HP
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Klik disini untuk berkomentar menggunakan account anda
   
Berita Bang Sobil Lainnya close
Redaksi: redaksi@solusimobil.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 3000AC19
Kristian S di 0813-829-107-89 · kristian@mustangcorps.com · Blackberry: 298FA749
Griya Wisata

SoBil Currencies and Trader Corner

IHSG Jumat Pagi Dibuka Turun 0,01 Poin
Jakarta, SolusiMobil.com - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka melemah tipis sebesar 0,01 poin, Jumat.
Rupiah Jumat Pagi Melemah 10 Poin Terhadap Dolar AS
Jakarta, SolusiMobil.com - Kurs nilai tukar rupiah pada Jumat pagi bergerak melemah 10 poin dipicu negatifnya data neraca pembayaran Indonesia pada kuartal empat 2012.

Iklan Niaga

Rental Terbaik Jakarta, Kendaraan Terbaru Dan Merek Ternama, Sewa Harian, Mingguan, Bulanan Dan Tahunan. Hub: 0215747057, 02182434009
Dapatkan Tiket-tiket Promo Liburan Keluarga Anda, Perjalanan Dinas, Online Domestik Dan Internasional, Resv: 0215747057
Solusi Promosi Produk Dan Usaha Anda, Dapatkan Target Dan Harga Terbaik Kami. Hub. 02182434009
Dapatkan Harga Voucher Terbaik, Hotel Bersih Dan Murah....0215747057
Liburan Hemat Bersama Keluarga Idaman Anda, Berbagai Destinasi Terbaik, Domestik Dan Internasional..... Hub: 0215747057

SOLUSI BANG SOBIL

Wuih, Moge Ini Berlapis Emas 24 Karat dan Batu Berlian
SolusiMobil.com - Dunia modifikasi sepertinya semakin berkembang pesat. Bahkan sang modifikator tak peduli seberapa banyak uang yang harus dikocek demi menghasilkan karya terbaiknya.
Wuih, Harga Aston Martin V8 Vantage GT Dibawah Rp1,1 Miliar
SolusiMobil.com - Aston Martin memperkenalkan V8 Vantage versi GT dengan harga murah, namun tetap dengan kekuatan yang dahsyat.