Mustang Komunika Integra
Senin, 16 Januari 2012 07:49

Area Mobil Yang Perlu Mendapatkan Perhatian di Misim Hujan

SolusiMobil.com - langkah antisipasi menjadi langkah bijak untuk tetap beraktifitas di tengah guyuran hujan. Preparasi yang memadai perlu dilakukan pada mobil Anda agar performanye tetap prima di musim penghujan. Berikut ini area yang mesti mendapat perhatian ekstra menghadapi guyuran dari langit.

Karet-karet
Kondisi karet-karet peredam juga mesti dipastikan kondisinya saat menghadapi musim penghujan. Karet-karet di mobil inilah menjadi penahan air hujan masuk ke dalam kabin.

Antara lain karet balon di sekujur bodi, termasuk pintu, bagasi, atau kap mesin. Pastikan, tekstur karet tersebut masih maksimal dengan kekenyalan yang baik. Jangan sampai getas, apalagi rusak atau sobek. Perhatikan juga tingkat kerapatan karet tersebut dengan komponen yang mesti diredamnya

Wiper
Pastikan penghapus kaca dalam kondisi prima. Cek semua yang berkaitan dengan mekanisme wiper.  Mulai dari motor hingga wiper blade  jangan sampai terlewat. Jangan ragu untuk segera mengganti wiper blade  bila kondisi atau hasil kerjanya sudah tidak optimal.

Bila tidak, dipastikan kondisi hujan akan membuat Anda menjadi bulan-bulanan saat berkendara. Jangan alpa juga memeriksa wiper fluid.  Cairan ini berguna untuk membantu tugas wiper  membersihkan kaca depan.

Ketebalan ban
Musim hujan juga membutuhkan performa ban yang baik. Bila hal ini diabaikan, potensi bahaya menjadi pertaruhan yang tidak main-main.

Periksa ketebalan ban Anda, karena untuk beraksi di genangan air dibutuhkan alur ban yang masih cukup dalam. Jangan sampai keausannya sudah melewati batas tread wear indicator  (TWI) yang direkomendasikan.

Tak kalah penting adalah memastikan tekanan angin ban sudah sesuai spesifikasi. Karena tekanan angin yang tepat akan membuat alur ban bekerja optimal membuang air, dan mencegah aquaplanning.

Lampu-lampu
Salah satu fungsi lampu utama adalah menerangi jalan. Saat hujan turun, warna sinar yang dihasilkannya menjadi krusial untuk memberi penerangan optimal.

Bila bohlam headlamp  mobil Anda telah diganti dengan warna kebiruan atau menggunakan HID aftermarket,  sebaiknya diganti kembali dengan bohlam standar. Tujuannya agar pendaran cahaya yang dihasilkan mampu menembus rintikan hujan. Di samping itu, pastikan semua lampu lainnya berfungsi dengan baik. Karena lampu-lampu inilah sarana komunikasi Anda dengan pengendara lain di jalan.

Temperatur
Jangan mengabaikan temperatur kabin, baik AC maupun heater  (jika ada), untuk membuat suasana berkendara tetap menyenangkan, selain mencegah kaca berembun. Pastikan juga defogger  bekerja dengan baik untuk menghilangkan embun dari kaca belakang.

Perlindungan asuransi  
Pastikan klausul bencana alam, termasuk banjir ada dalam polis arusansi kendaraan Anda. Bisa dibilang, inilah preparasi terakhir menghadapi kondisi menjelang musim penghujan. Langkah antisipasi mesti dipersiapkan untuk menghadapi kondisi yang tak diinginkan di jalan.

Polis asuransi inilah yang siap meringankan penderitaan Anda. Bila semua langkah di atas sudah persiapkan, perlindungan asuransi menjadi sandaran. [ab]

Baca juga:
Solusi HP
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Berita Bang Sobil Lainnya close
Redaksi: redaksi@solusimobil.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-573 6969 · Fax 021-579 02988
Henny di 0815-88-7272-7 · henny@mustangcorps.com · Blackberry: 58578B32
Griya Wisata

SOBIL CURRENCIES

Stiker Mobil pick up Ini Canggih, Polisi Sampai Tertipu!
SolusiMobil.com - Sebuah mobil pikap milik pelatih kebugaran di Inggris, James Hellewell, kini tengah menjadi sorotan publik, s
IHSG Jumat Pagi Dibuka Turun 0,01 Poin
Jakarta, SolusiMobil.com - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka melemah tipis sebesar 0,01 poin

GALERI VIDEO

Porsche 911 R Menaklukkan Jalanan Gunung Yang Berkelok
 SolusiMobil.com - Sering dikenal sebagai Porsche murni, model 911 R ini membuat debut besarnya di Jenewa awal b
Mobil Self-Driving Audi TTS Stanford Sukses di Lintasan Balap
 SolusiMobil.com - Membuat mobil balap self-driving mengelilingi lintasan balap tanpa seorangpun di dalamnya tam

GALERY FOTO

Why?

   C

Galeri Foto Honda RC213V-S 2016

SolusiMobil.com - Honda RC 213V-S, merupakan motor versi jalan raya yang memiliki teknologi

Dahsyatnya Kamera Video Untuk Mobil

Abadikan aksi terbaik Anda dengan B-Cam X-1 - Bcare Action Camera dengan mudah! Kali ini Bcare me

Subscribe Our Mailing List

SobilMart