Index Berita   Suara Pembaca   Galeri Foto   Galeri Video   Mobile Version   Iklan Baris Hari ini: Rabu, 26 November 2014 22:59
Solusi Properti
Sabtu, 14 Januari 2012 20:22

Berikut Sejumlah Masalah Yang Kerap Didera Amplifier

SolusiMobil.com - Dalam sistem audio mobil, kualitas suara sangat dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya adalah amplifier, jika didalamnya terdapat masalah maka akan sangat berpengaruh pada hasil reproduksi suara yang dikeluarkan oleh speaker yang terpasang, seperti suara jadi tidak bisa bersih. Berikut ini masalah yang kerap terjadi pada amplifier,

Potensio dan Switch Tuning Kotor
Masalah yang biasanya kerap terjadi pada amplifier adalah potensio  atau switch pengaturan suaranya, yang umumnya terletak didekat slot RCA amplifier tersebut. Kerusakannya dapat diketahui dengan mudah jika potensio tesebut kita putar. Umumnya saat diputar maka akan terdengar suara berisik yang tidak wajar dan mengganggu pada speaker (Bunyi 'mengeresek') atau bisa juga menyebabkan suara antara speaker sebelah kanan dan kiri tidak seimbang (suara pincang)

Masalah seperti ini pada amplifier disebabkan karena bagian dalam potensio telah kotor oleh debu, jadi untuk memperbaikinya cukup dengan membersihkan bagian dalamnya dari debu yang melekat. Selain karena debu, masala ini juga bisa disebabkan karena solderan potensio pada PCB mulai rusak.

Solderan Slot RCA Rusak
Slot kabel RCA pada amplifier yang solderan pada PCB-nya telah getas atau rusak juga menjadi masalah. Biasanya ditandai dengan slot RCA yang mulai goyang atau posisinya tidak rigid lagi. Jika masalah ini dibiarkan tentunya dapat juga mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker. Untuk mengatasinya, maka solderan slot RCA yang tersambung pada PCB harus disolder ulang agar sinyal audio dari head unit ke amplifier tidak terganggu.

Amplifier Selalu Kondisi Protect
Hampir semua amplifier memiliki kemampuan protect agar terhindar dari kerusakan akibat amplifier menerima daya berlebih dan menyebabkan panas pada komponen didalamnya. Pada amplifier biasanya dilengkapi lampu indikator protect, yang umumnya jika dalam keadaan normal berwarna hijau, sedangkan jika dalam keadaan protect akan berwarna merah dan amplifier otomatis akan berhenti bekerja untuk sementara.

Jika sistem audio mobil dalam keadaan normal atau baru saja dihidupkan namun amplifier langsung kondisi protect, ini berarti ada suatu masalah. Biasanya masalah amplifier selalu dalam kondisi protect bisa disebabkan adanya salah satu kabel speaker menyentuh bodi mobil.

Agar amplifier mobil bisa lebih awet, ada baiknya menyesuaikan kebutuhan watt antara amplifier dengan speaker yang digunakan, jangan paksakan memakai speaker yang kondisinya sudah kurang baik atau suaranya 'sember', jangan paksakan terus menghidupkan audio sistem jika amplifier sudah pada kondisi protect dan penempatan amplifier sebaiknya bagian bawahnya diberi jarak lebih dengan floor mobil untuk memberikan sirkulasi hawa panas yang baik dan jika perlu ditambahkan kipas pendingin pada bodi amplifier. [so]

Baca juga:
Solusi HP
Rating artikel: icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full (1 rates)
Berita Bang Sobil Lainnya close
Redaksi: redaksi@solusimobil.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 3000AC19
Kristian S di 0813-829-107-89 · kristian@mustangcorps.com · Blackberry: 298FA749
Griya Wisata

SoBil Currencies and Trader Corner

Stiker Mobil pick up Ini Canggih, Polisi Sampai Tertipu!
SolusiMobil.com - Sebuah mobil pikap milik pelatih kebugaran di Inggris, James Hellewell, kini tengah menjadi sorotan publik, setelah memasang stiker nyentrik di bagian "bokongnya". Stiker tersebut menggambarkan seorang gadis yang tengah diculik, dan diikat di bagian tangannya, lengkap dengan perban di mulut.  
IHSG Jumat Pagi Dibuka Turun 0,01 Poin
Jakarta, SolusiMobil.com - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka melemah tipis sebesar 0,01 poin, Jumat.

Iklan Niaga

Liburan Akhir Tahun Sudah Dekat, Mau Liburan Kemana Ya Akhir Tahun Ini...., Sebaiknya Rencanakan Sejak Sekarang, Tentukan Tujuan Wisata Anda
Solusi Promosi Produk-produk Perusahaan Anda, Inovatif, Exclussive Dan Tepat Sasaran. Segera Kontak Team Kami
Paket Spesial Akhir Tahun, Sewa Mobil Keluarga, Jaminan Unit Siap Pakai, Perjalanan Anda Tidak Akan Terganggu.... Segera Booking
Bangkok-pattaya 4 Hari 3 Malam, Hanya Usd.435, Sdh Termasuk Tiket Jakarta-bagkok (pp), Makan, Hotel, Trasport, Dll
Hotel Ini Sangat Representatif, Bersih...., Harga Terjangkat..., Pelayanan.... Jelas Tidak Dapat Anda Bandingkan, Booking Sekarang

SOLUSI BANG SOBIL

Kawasaki H2R Hanya Bisa Dibeli Melalui Sistem Online
SolusiMobil.com - Mau beli motor Kawasaki Ninja H2 dan H2R di diler, tunggu dulu sepertinya Anda harus membatalkan niat itu. Pasalnya Kawasaki tidak akan memajang kedua model terbarunya di itu di ruang pamer diler.  
Cara Memaksimalkan Kerja Lubang Penyemprot Air Wiper
SolusiMobil.com - Saat ini, hujan sudah mulai membasahi beberapa daerah, mulai intensitas ringan hingga tinggi. Ada baiknya mulai mempersiapkan diri dan juga mobil untuk menghadapi musim hujan. Periksa beberapa komponen yang berhubungan langsung, antara lain ban dan wiper.