Index Berita   Suara Pembaca   Galeri Foto   Galeri Video   Mobile Version   Iklan Baris Hari ini: Senin, 1 September 2014 20:42
Solusi Properti
Sabtu, 14 Januari 2012 20:22

Berikut Sejumlah Masalah Yang Kerap Didera Amplifier

SolusiMobil.com - Dalam sistem audio mobil, kualitas suara sangat dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya adalah amplifier, jika didalamnya terdapat masalah maka akan sangat berpengaruh pada hasil reproduksi suara yang dikeluarkan oleh speaker yang terpasang, seperti suara jadi tidak bisa bersih. Berikut ini masalah yang kerap terjadi pada amplifier,

Potensio dan Switch Tuning Kotor
Masalah yang biasanya kerap terjadi pada amplifier adalah potensio  atau switch pengaturan suaranya, yang umumnya terletak didekat slot RCA amplifier tersebut. Kerusakannya dapat diketahui dengan mudah jika potensio tesebut kita putar. Umumnya saat diputar maka akan terdengar suara berisik yang tidak wajar dan mengganggu pada speaker (Bunyi 'mengeresek') atau bisa juga menyebabkan suara antara speaker sebelah kanan dan kiri tidak seimbang (suara pincang)

Masalah seperti ini pada amplifier disebabkan karena bagian dalam potensio telah kotor oleh debu, jadi untuk memperbaikinya cukup dengan membersihkan bagian dalamnya dari debu yang melekat. Selain karena debu, masala ini juga bisa disebabkan karena solderan potensio pada PCB mulai rusak.

Solderan Slot RCA Rusak
Slot kabel RCA pada amplifier yang solderan pada PCB-nya telah getas atau rusak juga menjadi masalah. Biasanya ditandai dengan slot RCA yang mulai goyang atau posisinya tidak rigid lagi. Jika masalah ini dibiarkan tentunya dapat juga mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker. Untuk mengatasinya, maka solderan slot RCA yang tersambung pada PCB harus disolder ulang agar sinyal audio dari head unit ke amplifier tidak terganggu.

Amplifier Selalu Kondisi Protect
Hampir semua amplifier memiliki kemampuan protect agar terhindar dari kerusakan akibat amplifier menerima daya berlebih dan menyebabkan panas pada komponen didalamnya. Pada amplifier biasanya dilengkapi lampu indikator protect, yang umumnya jika dalam keadaan normal berwarna hijau, sedangkan jika dalam keadaan protect akan berwarna merah dan amplifier otomatis akan berhenti bekerja untuk sementara.

Jika sistem audio mobil dalam keadaan normal atau baru saja dihidupkan namun amplifier langsung kondisi protect, ini berarti ada suatu masalah. Biasanya masalah amplifier selalu dalam kondisi protect bisa disebabkan adanya salah satu kabel speaker menyentuh bodi mobil.

Agar amplifier mobil bisa lebih awet, ada baiknya menyesuaikan kebutuhan watt antara amplifier dengan speaker yang digunakan, jangan paksakan memakai speaker yang kondisinya sudah kurang baik atau suaranya 'sember', jangan paksakan terus menghidupkan audio sistem jika amplifier sudah pada kondisi protect dan penempatan amplifier sebaiknya bagian bawahnya diberi jarak lebih dengan floor mobil untuk memberikan sirkulasi hawa panas yang baik dan jika perlu ditambahkan kipas pendingin pada bodi amplifier. [so]

Baca juga:
Solusi HP
Rating artikel: icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full (1 rates)
Berita Bang Sobil Lainnya close
Redaksi: redaksi@solusimobil.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 3000AC19
Kristian S di 0813-829-107-89 · kristian@mustangcorps.com · Blackberry: 298FA749
Griya Wisata

SoBil Currencies and Trader Corner

IHSG Jumat Pagi Dibuka Turun 0,01 Poin
Jakarta, SolusiMobil.com - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka melemah tipis sebesar 0,01 poin, Jumat.
Rupiah Jumat Pagi Melemah 10 Poin Terhadap Dolar AS
Jakarta, SolusiMobil.com - Kurs nilai tukar rupiah pada Jumat pagi bergerak melemah 10 poin dipicu negatifnya data neraca pembayaran Indonesia pada kuartal empat 2012.

Iklan Niaga

Sewa Mobil Kenderaan Terbaru, Jaminan Unit, Harga Terjangkau Dan Mengutamakan Pelayanan. Hub: 021-5747057
Percayakan Brand Produk Anda Berkembang Bersama Media Kami, Dan Dapatkan Pengunjung Setia Kami Menjadi Klien Anda. Hub. 0215736969
Nikmati Kesempatan Liburan Bersama Keluarga Idaman Anda, Paket Promo Asia. Hub: 0215747057
Diskon Hotel Domestik: Bali, Jogja, Surabaya, Lombok, Malang, Medan, Padang, Palembang... Resv : 0215747057
Pusat Tiket Pesawat, Melayani Corporate, Rombongan Dan Individu. Promo Seat Terbatas. Hub: 0215747057

SOLUSI BANG SOBIL

Menambah Performance Honda CR-Z Dengan Supercharger Kit
SolusiMobil.com - Jika anda menginginkan performa Honda CR-Z anda lebih kencang dari Honda CR-Z lainnya ini solusinya. Honda Performance Development (HPD) Perusahaan balap dari Honda ini memperkenalkan supercharger kit. 
Tips Bawa Mobil Baru Agar Tetap Awet
SolusiMobil.com - Bagi Anda yang baru saja membeli mobil baru, tentu sangat hati-hati dalam menggunakannya. Apalagi jika mobil masih melaju untuk kilometer awal. Agar mobil tetap lancar dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari, Anda perlu menjalankannya dengan istimewa, terutama untuk 3000 km pertama.