Mustang Komunika Integra
Jumat, 6 Januari 2012 10:28

Tim Riset UMS Siap Kembangkan Mini Truk Esemka Jadi Full Press Body

SolusiMobil.Com - Tim riset Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) siap mengembangkan mobil nasional mini truk Esemka menjadi full press body, agar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tidak kewalahan melayani permintaan pasar.

Pembuatan body mobil secara manual dikenteng membutuhkan waktu lama tiga bulan, tetapi dengan dies atau cetakan produksinya lebih cepat, kata Ketua tim riset Mobnas Esemka Bambang Waluyo, di Solo, Kamis.

"Tugas kami melakukan riset desain untuk mobil mini truk, pembuatan prototipe, dan pembuatan dies untuk komponen Outer Fender serta Chassis Long member Desain mobil dilakukan di Laboratorium di Fakultas Teknik UMS, menggunakan Software Solidworks," katanya.

Menurut dia, pembuatan Prototipe dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Borobudur Magelang. Desain dies dilakukan di Laboratorium UMS, pengecoran dies dilakukan di PT Baja Kurnia Ceper Klaten, proses machining dilakukan di PT Tossa Semarang.

Menurut dia, diperkirakan Dies bisa digunakan pada bulan Juni mendatang. Tahapan yang telah dilakukan tidak hanya sebatas merakit.

Namun, kata dia, sudah pada tahap pembuatan komponen satu unit mobil mini truk dengan kandungan pembuatan sendiri 90 persen.

Pengembangan mobnas Esemka full pess body merupakan riset tahap kedua yang dilakukan UMS. Kini telah dibuat alat pencetak casis, dan Juli bisa dipakai untuk produksi.

Ia menjelaskan, riset dan pengembangan teknologi full press body yang dikembangkan UMS tersebut akan dipakai oleh 23 SMK yang dipercaya memproduksi mobnas Esemka.

Menurut dia, untuk mengerjakan seluruh komponen mobil secara full press body memang perlu biaya mahal, karena jumlahnya banyak.

Pihaknya sempat menghitung membutuhkan lebih dari 900 cetakan, tetapi untuk tahap awal diseleksi bagian terpenting yang dibuat cetakan.

"Dies atau cetakan sementara untuk pembuatan bagian casis adalah fender atau bagian di atas slebor yang selama ini dinilai paling sulit. Jika peralatan cetak siap bisa produksi massal," katanya.

Ia menjelaskan, pengembangan prototipe mobil jenis mini truk tersebut dapat dipakai untuk operasional di perkebunan-perkebunan.

Menurut dia, mengapa UMS dipercaya menangani riset mobnas Esemka tersebut, karena telah memiliki perangkat lunak yang komplit.

Berbagai software original yang dimiliki UMS, kata dia, dapat untuk merancang atau pembuatan pola mobil. Salah satu software yang diandalkan adalah solidworks. [Ant]

Baca juga:
Solusi HP
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Berita Bang Sobil Lainnya close
Redaksi: redaksi@solusimobil.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-573 6969 · Fax 021-579 02988
Henny di 0815-88-7272-7 · henny@mustangcorps.com · Blackberry: 58578B32
Griya Wisata

SOBIL CURRENCIES

Stiker Mobil pick up Ini Canggih, Polisi Sampai Tertipu!
SolusiMobil.com - Sebuah mobil pikap milik pelatih kebugaran di Inggris, James Hellewell, kini tengah menjadi sorotan publik, s
IHSG Jumat Pagi Dibuka Turun 0,01 Poin
Jakarta, SolusiMobil.com - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka melemah tipis sebesar 0,01 poin

GALERI VIDEO

Porsche 911 R Menaklukkan Jalanan Gunung Yang Berkelok
 SolusiMobil.com - Sering dikenal sebagai Porsche murni, model 911 R ini membuat debut besarnya di Jenewa awal b
Mobil Self-Driving Audi TTS Stanford Sukses di Lintasan Balap
 SolusiMobil.com - Membuat mobil balap self-driving mengelilingi lintasan balap tanpa seorangpun di dalamnya tam

GALERY FOTO

Why?

   C

Galeri Foto Honda RC213V-S 2016

SolusiMobil.com - Honda RC 213V-S, merupakan motor versi jalan raya yang memiliki teknologi

Dahsyatnya Kamera Video Untuk Mobil

Abadikan aksi terbaik Anda dengan B-Cam X-1 - Bcare Action Camera dengan mudah! Kali ini Bcare me

Subscribe Our Mailing List

SobilMart