Mustang Komunika Integra
Sabtu, 14 Januari 2012 18:13

Konversi BBM ke BBG, Pemerintah Siapkan Dana Rp3 Triliun Tuk Impor 'Converter Kit'

Jakarta, SolusiMobil.com - Pemerintah menyiapkan dana Rp3 triliun untuk mengimpor 'converter kit' atau alat konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) guna mendukung program pembatasan konsumsi BBM bersubsidi. Ditargetkan alat konversi bahan bakar gas tersebut sebesar 2,25 juta unit atau 90% dari total kebutuhan 2,5 juta unit.

MS Hidayat, Menteri Perindustrian, mengatakan dalam waktu tiga bulan ini, pemerintah membutuhkan sebanyak 250 ribu unit converter kit yang sebagian besar akan dipenuhi dari impor, sebab produsen lokal yakni PT Dirgantara Indonesia baru bisa memproduksi sekitar 300 unit per bulan. "Dari 2,5 juta yang mau diadakan, awalnya akan disediakan 250 ribu," ujarnya beberapa waktu lalu.

Menurut Hidayat, dalam rapat terakhir di Kementerian Koordinasi Perekonomiaan, pemerintah memutuskan akan melakukan impor converter kit terlebih dahulu untuk memenuhi kebutuhan converter kit dalam waktu dekat. Impor converter kit di antaranya dari Italia dan Argentina. Biaya impor tersebut akan diambil dari dana internal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang telah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2012.

Namun pemerintah mendukung dan mendorong produksi converter kit dalam negeri, termasuk pada Dirgantara Indonesia. "Ya kalau Dirgantara mau berpartisipasi silahkan. Sebab Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi sudah mengonfirmasi kapasitas mereka baru 300 unit per bulan. Padahal kita butuh 250 ribu unit untuk tahap awal," tuturnya.

Hidayat mengatakan saat ini Kementerian Koordinasi Perekonomian berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan sedang menyiapkan skema pembayaran lebih lunak untuk mendapatkan converter kit. Salah satunya dengan mekanisme cicilan dan bunga yang lebih rendah bagi pembelian kendaraan pribadi. Untuk kendaraan umum, pemerintah berencana mendistribusikan converter kit gratis.

Rencananya pemerintah akan mulai mendistribusikan converter kit pada April 2012 seiring rencana pemerintah mendorong penggunaan bahan bakar gas kendaraan bermotor guna mengimplementasi pembatasan konsumsi bahan bakar minyak bersubsidi.

Kementerian Perindustrian, kata Hidayat, saat ini sedang menyiapkan regulasi teknis produksi converter kit yang nantinya bisa menjadi acuan produsen lokal untuk memproduksi converter kit. "Pemerintah harus menyiapkan peluncuran converter kit dengan baik, jangan sampai nanti sudah diluncurkan akan ada masalah. Jadi tidak di tolelir adanya kesalahan atau kelalaian. Itu tanggung jawab kami," ujaranya. [if/jf]

Baca juga:
Solusi HP
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Berita Bang Sobil Lainnya close
Redaksi: redaksi@solusimobil.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-573 6969 · Fax 021-579 02988
Henny di 0815-88-7272-7 · henny@mustangcorps.com · Blackberry: 58578B32
Griya Wisata

SOBIL CURRENCIES

Stiker Mobil pick up Ini Canggih, Polisi Sampai Tertipu!
SolusiMobil.com - Sebuah mobil pikap milik pelatih kebugaran di Inggris, James Hellewell, kini tengah menjadi sorotan publik, s
IHSG Jumat Pagi Dibuka Turun 0,01 Poin
Jakarta, SolusiMobil.com - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka melemah tipis sebesar 0,01 poin

GALERI VIDEO

Porsche 911 R Menaklukkan Jalanan Gunung Yang Berkelok
 SolusiMobil.com - Sering dikenal sebagai Porsche murni, model 911 R ini membuat debut besarnya di Jenewa awal b
Mobil Self-Driving Audi TTS Stanford Sukses di Lintasan Balap
 SolusiMobil.com - Membuat mobil balap self-driving mengelilingi lintasan balap tanpa seorangpun di dalamnya tam

GALERY FOTO

Why?

   C

Galeri Foto Honda RC213V-S 2016

SolusiMobil.com - Honda RC 213V-S, merupakan motor versi jalan raya yang memiliki teknologi

Dahsyatnya Kamera Video Untuk Mobil

Abadikan aksi terbaik Anda dengan B-Cam X-1 - Bcare Action Camera dengan mudah! Kali ini Bcare me

Subscribe Our Mailing List

SobilMart