Mustang Komunika Integra
Kamis, 19 Januari 2012 20:30

Mobil Tawon Tak Mau Kalah Dengan Mobil Esemka

Solusimobil.com - Meski tanpa publikasi seperti halnya mobil Esemka di Kota Surakarta, Kabupaten Purbalingga ikut andil dalam proses pembuatan Mobil Nasional (Mobnas) yang sedang booming di Indonesia. Produk knalpot buatan Purbalingga itu digunakan dalam proyek Mobnas merek Tawon, yang sedang dirakit oleh pelajar SMK di Rangkasbitung, Provinsi Banten. 

Muhajirin (54), pengusaha knalpot asal Dusun Peniron, Desa Galuh Kecamatan Kecamatan Bojongsari yang menjadi pemasok Mobnas tersebut. Pada tahap pertama, Muhajirin memasok 35 set knalpot bagi produsen mobil merek Tawon.

"Sebenarnya, pihak SMK Rangkasbitung memesan 300 set knalpot untuk mobil nasional merek Tawon. Saya kirimkan 35 set dulu sesuai uang muka yang mereka bayarkan," kata Muhajirin.

Muhajirin yang juga pemilik usaha bengkel knalpot Jet Hot ini mengatakan dalam pemenuhan pesanan tersebut dirinya melibatkan tiga industri kecil menengah (IKM) knalpot lainnya dan 12 orang pekerja. Ia berharap, booming kendaraan hasil rakitan pelajar yang dijadikan produk mobil nasional dapat menggairahkan industri knalpot di Purbalingga.

"Ini menjadi tantangan IKM knalpot di Purbalingga untuk menyetok knalpot mobnas. Selama ini hasil produksi knalpot banyak dilempar ke blackmarket," kata pria yang akrab disapa Gajirin.

Bapak dua putra ini menambahkan, order knalpot untuk mobnas Tawon diterimanya akhir Desember 2011. Meski dikerjakan secara manual karena keterbatasan mesin, produksi knalpot dari pabrikan Jet Hot memiliki pasaran luas.

Knalpot dari bengkel Muhajirin saat ini dikenal sebagai satu-satunya produk yang menembus Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dan melayani kebutuhan ekspor untuk knalpot Mercedes Benz,  serta knalpot kendaraan tempur Panser Anoa PT Pindad yang dibeli oleh Malaysia.

Belakangan ini, Muhajirin juga tengah melakukan lobi soal kemungkinan membuatkan knalpot untuk dipasarkan di Amerika Serikat mencapai 1000 unit per bulan. "Masih dalam penjajakan untuk ekspor ke Amerika serta memenuhi pesanan knalpot motor Viar mencapai 2.000 unit perbulan," katanya.

Kepala Dinas Perdagangan, Industri, dan Koperasi Kabupaten Purbalingga, Agus Winarno menyambut poisitif kerjasama dari produsen mobnas merek Tawon dengan IKM knalpot di Purbalingga. Lebih jauh ia berharap produsen mobil Kiat Esemka di Klaten mau menggunakan knalpot Purbalingga.

"Kami berharap knalpot dari Purbalingga yang digunakan. Nantinya kami akan berusaha untuk bisa bekerjasama," ujar Agus Winarno. [D2C]

Baca juga:
Solusi HP
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Berita Bang Sobil Lainnya close
Redaksi: redaksi@solusimobil.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-573 6969 · Fax 021-579 02988
Henny di 0815-88-7272-7 · henny@mustangcorps.com · Blackberry: 58578B32
Griya Wisata

SOBIL CURRENCIES

Stiker Mobil pick up Ini Canggih, Polisi Sampai Tertipu!
SolusiMobil.com - Sebuah mobil pikap milik pelatih kebugaran di Inggris, James Hellewell, kini tengah menjadi sorotan publik, s
IHSG Jumat Pagi Dibuka Turun 0,01 Poin
Jakarta, SolusiMobil.com - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka melemah tipis sebesar 0,01 poin

GALERI VIDEO

Porsche 911 R Menaklukkan Jalanan Gunung Yang Berkelok
 SolusiMobil.com - Sering dikenal sebagai Porsche murni, model 911 R ini membuat debut besarnya di Jenewa awal b
Mobil Self-Driving Audi TTS Stanford Sukses di Lintasan Balap
 SolusiMobil.com - Membuat mobil balap self-driving mengelilingi lintasan balap tanpa seorangpun di dalamnya tam

GALERY FOTO

Why?

   C

Galeri Foto Honda RC213V-S 2016

SolusiMobil.com - Honda RC 213V-S, merupakan motor versi jalan raya yang memiliki teknologi

Dahsyatnya Kamera Video Untuk Mobil

Abadikan aksi terbaik Anda dengan B-Cam X-1 - Bcare Action Camera dengan mudah! Kali ini Bcare me

Subscribe Our Mailing List

SobilMart