Mustang Komunika Integra
Kamis, 12 Januari 2012 16:18

Tunda Perakitan Mobil di Indonesia, Peugeot Siapkan 3 Model Baru

SolusiMobilo.com - PSA Peugeot Citroen, prinsipal Peugeot asal Perancis menunda rencana perakitan mobil di Indonesia pada tahun ini. Menurut  Chief Executive Officer PT Astra International Tbk, Peugeot Constantinus Herlijoso hal itu disebabkan oleh pertimbangan bisnis yang berubah seiring kriris Eropa.

"Belum lama ini saya bertemu dengan orang nomor dua di Peugeot untuk kembali menyampaikan rencana tersebut. Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya rencana ini  positif tertunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan," katanya rabu (12/1) kemarin.

Secara global, lanjutnya, Peugeot terimbas krisis utang Eropa sehingga berpengaruh terhadap aspek likuiditas kendati penjualan global perusahaan tersebut pada tahun ini mencapai di atas 2,4 juta unit. "Problem pertama, kantong prinsipal terganggu," jelasnya.

Selain itu, terang Herlijoso, prinsipal belum memiliki pengalaman banyak untuk berekspansi manufaktur di luar Eropa, terutama di negara-negara di kawasan Asia sehingga belum terlalu mengenal karakter pasar dan kekuatan daya beli, pasokan komponen serta pertimbangan investasi untuk proses modifikasi teknologi setir kanan.
 
"Secara rasio, penjualan Peugeot global dikonsentrasikan untuk setir kiri, sedangkan setir kanan [investasinya] belum banyak [di luar Eropa]. Kalau mereka berinvestasi setir kanan hanya di Indonesia, tentu agak berat," ujarnya.

Menurutnya di Asia Tenggara, karakter konsumen terhadap kebutuhan mobil berbeda-beda. Di Indonesia, konsumen lebih memilih model kendaraan serbaguna (MPV) dengan muatan tujuh penumpang. Di Malaysia, pasar sedan mendominasi, sedangkan di Thailand kendaraan double cabin. "Pertimbangan paling mendasar sebelum berinvestasi di antaranya adalah kegiatan investasi tersebut harus mencakup segala hal, tak hanya di Indonesia tapi dalam lingkup regional yang lebih besar. Semua tak bisa di-cover, investasi tersebut belum feasible," katanya.
 
Dari aspek konsep bisnis, membangun pabrik perakitan di Indonesia sangat menguntungkan supaya harga produk menjadi lebih kompetitif. Namun, karakter masyarakat dalam memilih suatu jenis kendaraan juga ikut menjadi faktor penentu bagi prinsipal dalam mengkalkulasi feasibilitas skala produksi yang akan ditetapkan.
 
"Kalau semua peralatan produksi untuk pabrik Peugeot di Indonesia diimpor, dalam sekejab kami bisa merealisasikan pabrik baru Peugeot di Indonesia. Itu tidak sulit. Namun, yang kami inginkan bukan seperti itu,” katanya.
 
Pada tahun ini, Peugeot global berencana melakukan ekspansi di China untuk pengembangan desain dan teknologi otomotif dengan menggandeng salah satu prinsipal raksasa otomotif China, Dong Feng Motor Co.
 
"Jadi, untuk sementara ini mobil Peugeot masih diimpor secara utuh [CBU/completely built up]. Namun, kami akan merilis tiga model baru untuk meningkatkan target penjualan dari 188 unit pada 2011 menjadi di atas 300 unit pada 2012,” terangnya. [bs]

Baca juga:
Solusi HP
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Berita Bang Sobil Lainnya close
Redaksi: redaksi@solusimobil.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-573 6969 · Fax 021-579 02988
Henny di 0815-88-7272-7 · henny@mustangcorps.com · Blackberry: 58578B32
Griya Wisata

SOBIL CURRENCIES

Stiker Mobil pick up Ini Canggih, Polisi Sampai Tertipu!
SolusiMobil.com - Sebuah mobil pikap milik pelatih kebugaran di Inggris, James Hellewell, kini tengah menjadi sorotan publik, s
IHSG Jumat Pagi Dibuka Turun 0,01 Poin
Jakarta, SolusiMobil.com - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka melemah tipis sebesar 0,01 poin

GALERI VIDEO

Porsche 911 R Menaklukkan Jalanan Gunung Yang Berkelok
 SolusiMobil.com - Sering dikenal sebagai Porsche murni, model 911 R ini membuat debut besarnya di Jenewa awal b
Mobil Self-Driving Audi TTS Stanford Sukses di Lintasan Balap
 SolusiMobil.com - Membuat mobil balap self-driving mengelilingi lintasan balap tanpa seorangpun di dalamnya tam

GALERY FOTO

Why?

   C

Galeri Foto Honda RC213V-S 2016

SolusiMobil.com - Honda RC 213V-S, merupakan motor versi jalan raya yang memiliki teknologi

Dahsyatnya Kamera Video Untuk Mobil

Abadikan aksi terbaik Anda dengan B-Cam X-1 - Bcare Action Camera dengan mudah! Kali ini Bcare me

Subscribe Our Mailing List

SobilMart