Mustang Komunika Integra
Kamis, 19 Januari 2012 14:30

Bahan Bakar Gas Untuk Angkutan Umum

Angkot BBG

 Jakarta, SolusiMobil.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) meminta pemerintah Indonesia untuk lebih dulu memulai konversi bahan bakar gas (BBG) untuk angkutan umum di Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Hal ini tentu saja berkaitan erat dengan kesiapan pemerintah karena ketersediaan sarana, prasarana alat konversi dan tempat pengisian BBG yang belum ideal.

 

Pemerintah sebaiknya lebih fokus menggarap konversi ke BBG untuk kendaraan plat kuning di seluruh Indonesia. Setelah itu memperbanyak Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas di Indonesia. Dengan fokus pada satu, makin besar juga potensi keberhasilan program konversi ini.

 

Saat ini terdapat 20.000 taksi yang beroperasi di Jakarta dengan tambahan angkutan umum lain (10.000 unit) sehingga total 30.000 unit. Kalau setiap harinya rata-rata mengonsumsi bahan bakar 10 liter per hari-untuk lima hari kerja, sebulan mereka menghabiskan premium 1,5 juta liter.

 

Kalau semua kendaraan ini menggunakan BBG, akan menghemat triliunan rupiah untuk pemerintah. Sekarang kalau alat konversi sudah siap, tinggal tempat pengisian bahan bakarnya didirikan di lokasi-lokasi tempat angkutan umum itu untuk lewat.

 

Pada dasarnya seluruh angkutan umum siap mengonversikan kendaraannya menggunakan BBG. Tapi, dengan disediakan infrastrukturnya. diibaratkan "Mau bikin pintar anak, tapi nggak dikasih buku pelajaran untuk belajar".

 

Di sisi lain, rencana pemerintah membatasi konsumsi bahan bakar bersubsidi (premium dan solar) dan konversi ke BBG, April 2012 juga tersandung "kerikil". Pasalnya, rencana ini hanya mengancam keselamatan konsumen tanpa ada garansi dari produsen kendaraan. Karena alasan ini, GAIKINDO mendesak pemerintah untuk segera mencari jalan tengah bersama.Sampai saat ini, lanjut Jongkie, Gaikindo belum diajak bicara oleh pemerintah bekenaan dengan rencana konversi energi ini.

 

Padahal konsumen yang punya mobil relatif baru (masa garansi) dan menggunakan alat konversi bisa terancam kehilangan  haknya (garansi). Salah satu hal terpenting bukan hanya teknik pemasangan yang benar, tapi pengecekkan berkala yang wajib dilakukan oleh setiap kendaraan yang menggunakan alat konversi. [D2C]

Baca juga:
Solusi HP
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Berita Bang Sobil Lainnya close
Redaksi: redaksi@solusimobil.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-573 6969 · Fax 021-579 02988
Henny di 0815-88-7272-7 · henny@mustangcorps.com · Blackberry: 58578B32
Griya Wisata

SOBIL CURRENCIES

Stiker Mobil pick up Ini Canggih, Polisi Sampai Tertipu!
SolusiMobil.com - Sebuah mobil pikap milik pelatih kebugaran di Inggris, James Hellewell, kini tengah menjadi sorotan publik, s
IHSG Jumat Pagi Dibuka Turun 0,01 Poin
Jakarta, SolusiMobil.com - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka melemah tipis sebesar 0,01 poin

GALERI VIDEO

Porsche 911 R Menaklukkan Jalanan Gunung Yang Berkelok
 SolusiMobil.com - Sering dikenal sebagai Porsche murni, model 911 R ini membuat debut besarnya di Jenewa awal b
Mobil Self-Driving Audi TTS Stanford Sukses di Lintasan Balap
 SolusiMobil.com - Membuat mobil balap self-driving mengelilingi lintasan balap tanpa seorangpun di dalamnya tam

GALERY FOTO

Why?

   C

Galeri Foto Honda RC213V-S 2016

SolusiMobil.com - Honda RC 213V-S, merupakan motor versi jalan raya yang memiliki teknologi

Dahsyatnya Kamera Video Untuk Mobil

Abadikan aksi terbaik Anda dengan B-Cam X-1 - Bcare Action Camera dengan mudah! Kali ini Bcare me

Subscribe Our Mailing List

SobilMart