Index Berita   Suara Pembaca   Galeri Foto   Galeri Video   Mobile Version   Iklan Baris Hari ini: Senin, 22 September 2014 23:14
Solusi Properti
Sabtu, 14 Januari 2012 09:28

Orang No 1 Jabar Kepincut Buggy, Mobil Karya Esemka Bandung

Bandung, SolusiMobil.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan kepincut karya mobil Buggy buatan siswa SMK Negeri 8 Kota Bandung, Jabar dan  berencana akan melakukan  uji berkendara pekan depan

"Insya Allah minggu depan saya akan mencoba mengendarai mobil esemka buatan siswa SMKN 8 Kota Bandung," kata Ahmad Heryawan di Kota Bandung, Jumat (13/1) kemari.

Heryawan menuturkan, alasan dirinya ingin melakukan test drive mobil Buggy buatan siswa SMKN 8 Kota Bandung tersebut karena ingin mengetahui dan merasakan langsung mobil buatan generasi muda Indonesia.

Gubernur mengaku bangsa dengan siswa SMK di Jawa Barat karena selain bisa menciptakan mobil Buggy, siswa SMKN 12 Kota Bandung bahkan sudah bisa merakit pesawat terbang non-komersial yang dinamai Jabiru.

Buggi, itulah nama mobil karya siswa SMK 8 Kota Bandung ini, jauh berbeda dengan Kiat Esemka. Bentuknya menyerupai mobil offroad khusus untuk jalanan tanah. Pembuatan Buggy bermula di tahun 2009. Sejumlah siswa kelas II dan III jurusan otomotif membuat mobil dengan bantuan para guru. Mereka lalu memamerkan mobil di berbagai pameran ataupun jalanan. Mereka juga menawarkan Buggi ke sejumlah objek wisata petualangan. Usaha mereka berhasil karena mendapat pesanan dari luar Pulau Jawa.

Mobil yang dinamai buggy car ABCD alias Anak Bandung Cinta Damai itu berkapasitas 1.500 cc dengan empat silinder dan punya lima jenis kecepatan. Mesin yang cukup besar itu berasal dari mesin bekas mobil Toyota Vios. Sekolah mengimpornya dari Singapura seharga Rp 18 juta per unit. “Di sini dapat mesinnya susah karena mobilnya masih banyak dipakai,” kata Dedi.

Lebar mobil tanpa kaca ini sekitar 1,5 meter dengan panjang 3,5 meter. Hasil modifikasi sekolah mengubah mesin dari penggerak roda depan menjadi penggerak roda belakang. Menurut Dedi, barang impor pada mobil itu hanya mesin. Selebihnya memakai bahan lokal yang dirakit sendiri oleh siswa. [an/jf]

Baca juga:
Solusi HP
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Berita Bang Sobil Lainnya close
Redaksi: redaksi@solusimobil.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 3000AC19
Kristian S di 0813-829-107-89 · kristian@mustangcorps.com · Blackberry: 298FA749
Griya Wisata

SoBil Currencies and Trader Corner

IHSG Jumat Pagi Dibuka Turun 0,01 Poin
Jakarta, SolusiMobil.com - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka melemah tipis sebesar 0,01 poin, Jumat.
Rupiah Jumat Pagi Melemah 10 Poin Terhadap Dolar AS
Jakarta, SolusiMobil.com - Kurs nilai tukar rupiah pada Jumat pagi bergerak melemah 10 poin dipicu negatifnya data neraca pembayaran Indonesia pada kuartal empat 2012.

Iklan Niaga

Pusat Tiket Pesawat, Melayani Corporate, Rombongan Dan Individu. Promo Seat Terbatas. Hub: 0215747057
Percayakan Brand Produk Anda Berkembang Bersama Media Kami, Dan Dapatkan Pengunjung Setia Kami Menjadi Klien Anda. Hub. 0215736969
Sewa Mobil Kenderaan Terbaru, Jaminan Unit, Harga Terjangkau Dan Mengutamakan Pelayanan. Hub: 021-5747057
Diskon Hotel Domestik: Bali, Jogja, Surabaya, Lombok, Malang, Medan, Padang, Palembang... Resv : 0215747057
Nikmati Kesempatan Liburan Bersama Keluarga Idaman Anda, Paket Promo Asia. Hub: 0215747057

SOLUSI BANG SOBIL

Ducati Monster Ini di Sulap Jadi Monster Beneran
SolusiMobil.com - Modifikator asal Italia ini nampaknya kurang puas dengan tampilan monster standar Ducati Monster S4R lansiran tahun antara 2003 hingga 2008 ini. Lantas sang modifikator yang bernama Paolo Tesio mencoba merubah tampilannya menjadi lebih atraktif lagi.
Tips Bersihkan Ruang Mesin Mobil Anda
SolusiMobil.com - Bukan rahasia lagi. Perawatan mobil lebih banyak di sektor eksterior dan interior. Satu tempat yang jarang ditengok adalah ruang mesin. Bahkan saat ‘dimandikan’ di gerai pencucian, sektor dapur pacu ini jarang ditengok.