Index Berita   Suara Pembaca   Galeri Foto   Galeri Video   Mobile Version   Iklan Baris Hari ini: Sabtu, 22 November 2014 22:10
Solusi Properti
Sabtu, 18 Agustus 2012 12:00

Nih, Perbandingan Nissan Evalia dan Daihatsu Terios

 SolusiMobil.com - Membandingkan suatu kendaraan dengan kendaraan lain seolah sudah menjadi hobi bagi Bang Sobil, dimana Bang Sobil tak henti-hentinya membandingkan sesuatu yang berbau otomotif. 

 

Kali ini Bang Sobil akan membandingkan dua buah mobil yang memiliki harga dibawah 200 juta, yaitu Nissan Evalia dan Daihatsu Terios. Berikut perbandingannya.
 
Nissan Evalia
 
Bicara tentang Nissan Evalia, sebenarnya Nissan Evalia ini merupakan produk global untuk mobil Van komersial seperti untuk angkut barang dan taksi. Maka jangan heran kalau melihat spesifikasi mobil ini masih menggunakan per model daun (leafspring) karena memang mobil ini di desain untuk mengangkut beban berat. Di Indonesia mobil ini dibuat lebih mewah dengan menambahkan fitur-fitur canggih seperti camera belakang, Mounted monitor yang dapat memutar DVD, MP3 AUX, USB dan radio.
 
Nissan Evalia merupakan mobil pertengahan antara mobil Van seperti Luxio, APV dan mobil MPV dalam kota seperti Avanza, Ertiga dan Livina karena mobil ini memiliki bodi sebuah Van, namun model letak mesin yang berada di depan bukan dibawah jok. Sehingga anda tidak perlu mengeluh lagi akan model kursi depan yang tidak nyaman karena kaku dan tipis.
 
Meskipun begitu, mobil ini masih punya beberapa kelemahan seperti interior yang lega tapi tidak selega Luxio dan APV, juga model AC Double Blower yang berada di samping penumpang belakang seperti AC Fortuner dan Pajero Sport generasi pertama. Selebihnya untuk masalah suspensi, pengendalian dan lainnya masih serupa dengan mobil Van lainnya tapi sedikit lebih mantap, suspensi juga mewajibkan Nissan Evalia harus diisi penuh untuk menjadi nyaman.
 
Nissan Evalia ini sebenarnya cukup fenomenal, karena Nissan Indonesia menjuluki mobil ini sebagai smart family MPV karena memadukan antara kecanggihan teknologi melalui fitur-fitur namun juga masih bisa diajak untuk menjadi mobil travel atau pembawa barang. Mesin yang digunakan juga sama seperti Nissan Grand Livina, Tetapi tidak perlu menyamakan performa mesin dan konsumsi bahan bakar Nissan Evalia dengan Grand Livina. Tentunya Evalia lebih boros dan tidak dapat berakselerasi seperti Nissan Grand Livina mengingat bentuknya yang jauh lebih besar, lebih berat dan rasio gigi yang lebih rendah untuk menjaga kemampuan mobil ini di tanjakan. Meskipun begitu mobil ini masih masuk ke dalam kategori hemat bahan bakar kok.
 
Plus:
 
  1. Interior luas
  2. Mesin 1.500 cc yang irit dan senyap
  3. Bagasi luas
  4. Fitur
  5. Pintu geser
Minus: 
 
  1. letak AC double blower
  2. Per daun pada roda belakang
  3. Kaca tengah model buka geser
  4. Suspensi keras jika diisi sedikit penumpang
 
Daihatsu Terios
 
Mobil ini sebenarnya tidak masuk ke dalam kategori mobil keluarga atau yang sering disebut dengan MPV. Karena tinggi jarak dari tanah dan ukuran ban yang digunakan berukuran besar, sebenarnya mobil ini masuk ke dalam kategori SUV atau jeep perkotaan namun Daihatsu menyebutnya sebagai Family SUV karena memiliki kemampuan menampung 7 penumpang sekaligus walaupun sebenarnya mobil ini di desain tidak untuk menampung 7 penumpang.
 
Mobil ini memiliki suspensi yang nyaman meskipun mengakibatkan pengendalian yang agak limbung dan body roll tinggi, kesenyapan mobil terhadap suara luar dan suara mesin juga cukup baik. Di segi entertainment kita disuguhkan oleh audio integrated yang dapat memutar MP3, CD saja, tidak ada koneksi seperti USB atau AUX in. Untung saja kita diberikan kemudahan kontrol audio melalui setir dan hal ini juga dapat kita temuka di Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga.
 
Bicara tentang penumpang belakang sebenarnya ini sedikit kurang mengenakan terutama dari sisi ruang kaki yang cukup sepit untuk orang dewasa. Hal itu diperparah dengan absennya sandaran kepala untuk penumpang belakang, untungnya mobil ini cukup tinggi dan penumpang belakang tidak perlu bersentuhan dengan atap plafon. Masih seputar kursi belakang yang dipaksakan, bagasi Daihatsu Terios juga ikut terkikis ketika mobil ini.
 
Untungnya bagi penumpang belakang tersedia AC Double Blower yang terletak diatas plafon untuk menjangkau penumpang paling belakang. Jadi tidak perlu mengeluh bahwa mobil ini sangat memaksakan untuk menjadi SUV. Bicara tentang mesin, mobil ini dibekali mesin yang sama dengan Daihatsu Luxio dan Toyota Avanza 1.500 cc. masih tetap irit dan bandel. Hanya saja akselerasi mobil dirasa kurang begitu cepat karena bobot mobil yang lebih berat dan ukuran ban yang besar menghambat akselerasi mobil. Oh iya, untuk anda yang ingin membeli mobil ini juga diberikan Free GPS oleh Daihatsu.
 
Plus:
 
  1. Ground Clearance tinggi
  2. Mesin 1.500 cc yang irit dan senyap
  3. AC Double Blower
  4. Suspensi nyaman
Minus: 
 
  1. Pengendalian limbung + Body Roll
  2. Leg room penumpang belakan
  3. Bagasi
  4. Akselerasi mesin
Demikian perbandingan mobil Nissan Evalia dengan Daihatsu Terios versi Bang Sobil, semoga bermanfaat. [Dedi]

Baca juga:
Solusi HP
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Berita Bang Sobil Lainnya close
Redaksi: redaksi@solusimobil.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 3000AC19
Kristian S di 0813-829-107-89 · kristian@mustangcorps.com · Blackberry: 298FA749
Griya Wisata

SoBil Currencies and Trader Corner

Stiker Mobil pick up Ini Canggih, Polisi Sampai Tertipu!
SolusiMobil.com - Sebuah mobil pikap milik pelatih kebugaran di Inggris, James Hellewell, kini tengah menjadi sorotan publik, setelah memasang stiker nyentrik di bagian "bokongnya". Stiker tersebut menggambarkan seorang gadis yang tengah diculik, dan diikat di bagian tangannya, lengkap dengan perban di mulut.  
IHSG Jumat Pagi Dibuka Turun 0,01 Poin
Jakarta, SolusiMobil.com - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka melemah tipis sebesar 0,01 poin, Jumat.

Iklan Niaga

Paket Spesial Akhir Tahun, Sewa Mobil Keluarga, Jaminan Unit Siap Pakai, Perjalanan Anda Tidak Akan Terganggu.... Segera Booking
Liburan Akhir Tahun Sudah Dekat, Mau Liburan Kemana Ya Akhir Tahun Ini...., Sebaiknya Rencanakan Sejak Sekarang, Tentukan Tujuan Wisata Anda
Hotel Ini Sangat Representatif, Bersih...., Harga Terjangkat..., Pelayanan.... Jelas Tidak Dapat Anda Bandingkan, Booking Sekarang
Solusi Promosi Produk-produk Perusahaan Anda, Inovatif, Exclussive Dan Tepat Sasaran. Segera Kontak Team Kami

SOLUSI BANG SOBIL

Fiat 500X di Poles Lebih X-treme
SolusiMobil.com - Fiat 500X sebagai bagian dari keluarga Chrysler juga mendapat dandanan dari Motor and Parts (MOPAR). Disiapkan 100 komponen aksesori lebih yang membuat 500X kian “beringas”.  
”Subwoofer” 5 Inci Khusus Alphard
SolusiMobil.com - Pengguna Toyota Alphard bisa mendapatkan kualitas audio layaknya berada dalam konser hanya dengan satu subwoofer harga terjangkau. Cello Indonesia menawarkan produk Solutions 5S, subwoofer 5 inci tanpa power yang bisa dipasang dengan mudah tanpa membutuhkan tempat khusus.